mamahebat.com

Mengenal User Persona dan Empathy Blog Bundacenters

8 comments

User Persona Dan Emphaty Map Secara Singkat

Bila diartikan secara singkat, user persona bisa kita artikan sebagai karakter fiktif dari blog kita. Bukan berarti pembaca nya fiktif ya, tetapi lebih ke mendeskripsikan secara fiktif dari pembaca setia blog kita. Nah, user persona sering sekali dikaitkan dengan Emphaty map. Selain kegunaannya hampir sama dengan user persona, emphaty map juga membantu kita mengenal lebih detil sosok pembaca setia yang sering berkunjung di blog kita. Bagaimana kita bisa menentukan user persona dan emphaty map?. Dengan melihat data di statistik blog kita. Yaps, melihat data dari statistik dapat membantu kita mengetahui seperti apa pembaca kita secara keseluruhan. Sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui apa yang mereka butuhkan dari blog kita, apa yang sering mereka cari. 

Kenalan dengan bunsay

Menilik statistik beberapa hari terakhir, aku menilai yang berkunjung di blogku mayoritas dari teman-teman blogspedia coaching. Terimakasih teman-teman telah maramaikan blog ku yang baru. Inilah karakter pembaca blog ku nantinya, kenalkan namanya Bunsay. Bunsay terlahir dari singkatan Bunda Sayang (Bunsay). Selain untuk membangun bonding agar pembacaku merasa aku sayang, serta pembaca blogku nantinya akan selalu menantikan artikel bertema kehidupan rumah tangga dari sudut ibu-ibu atau tempat bunsay bersandar ketika ada masalah melanda. Jadi kedepan aku akan memanggil pembaca setiaku dengan sebutan Bunsay, hallo salam sayang Bunsay.

Karakter Bunsay

Bunsay ini adalah seorang ibu muda dengan usia diantara 25-35 tahun, lebih tepatnya ibu rumah tangga yang tidak mau ketinggalan zaman. Ibu-ibu yang punya bisnis online shop dan sudah ramai pembeli. Kehidupan Bunsay sebenarnya tidak jauh beda seperti diriku. Seorang ibu-ibu yang kesehariannya suka memakai daster sambil mengajak bermain anaknya tapi tetap update perihal teknologi, parenting dan serba-serbi dapur.

Bunsay adalah pecinta Android alasannya karena dari awal sudah mengenal android, jadi sudah akrab banget sama android. Selain itu, Bunsay sering berselancar di Blogku jam 9 pagi. Sambil rehat setelah tugas domestik, juga sambil ngemong anaknya.

Bunsay sangat suka memasak camilan untuk keluarganya. Terlihat Bunsay sangat suka jika aku post artikel tentang resep membuat camilan mudah dijamin keluarga suka. Bunsay juga aktif mencari informasi tips dan trik, misalkan tips membersihkan bagian dalam ikan, atau tips memasak daun pepaya agar tidak pahit.

Selain suka memasak ternyata bunsay juga suka traveling. Traveling yang hemat dan menyenangkan tentunya. Ketika traveling, Bunsay suka sekali memakai pakaian yang simple asalkan nyaman. Selain itu tidak lupa membawa air putih dan bekal nasi berserta lauk nya karena Bunsay ini sangat hemat dan praktis.

Deskripsi Bunsay

Dari penjabaran tentang Bunsay diatas, beginilah kira-kira jika kita rangkum :
  • Usia : 25 tahun
  • Hobi : memasak, traveling, membaca dan menulis
  • Pendidikan : Sarjana
  • Pekerjaan : Owner Online Shop
  • Pendapatan : 1.500.000 - 2.000.000 perbulan tergantung market
  • Gaya Hidup : Menyesuaikan kebutuhan. Lebih tepatnya hemat dan suka menabung. Lebih banyak makan di rumah daripada beli diluar. Sebenarnya juga suka makan diluar tapi dia tipe orang yang pemilih. Makan di tempat yang benar-benar enak dan tidak mau coba-coba. Suka beli es krim tapi menggunakan wadah sendiri jadi pecinta lingkungan banget. Jarang memakai make up karena kulitnya sensitif. Pengeluaran perbulan 1000.000.
  • Kepribadian : Supel, ramah, humoris, disiplin, tegas.

Tujuan Hidup Bunsay

Menjadi ibu rumah tangga yang terus update ditengah kesibukan tugas domestik. Bunsay ingin memberikan manfaat dari online shop nya yang sudah ramai dengan cara membuka reseller bagi ibu rumah tangga dengan harga yang murah. Bunsay memiliki jiwa women support women. Tujuan hidupnya bermanfaat melalui bisnis yang dia miliki hehe.

Kegelisahan Bunsay

Sebenarnya banyak sekali kegelisahan yang merasuk di pikiran Bunsay. Kegelisahan itu perpaduan antara keinginan, ambisi dan realitanya.
  • Belum packing orderan nih, tapi anak juga belum diajak main
  • Bulan ini pendapatan menurun, padahal mau beli mesin cuci baru
  • Hari ini belum sempat ajak main anak karena sibuk baleisn chatt customer
  • Anak rewel sekali, dimasakin camilan ini kok ga mau ya
  • Bisnis apa ya yang bisa menghasilkan uang cepet

Bunsay ini ibu yang sangat aktif, dia tidak ingin meninggalkan urusan domestik nya dan ia juga tidak ingin meninggalkan kesenangan serta ambisinya. Tipe orang yang tidak mau kalah dengan keadaan.

Empati terhadap Bunsay 

 
Kalau dari penjabaran yang sudah kita bahas diatas, kira-kira sudah terbayang ya bagaimana pemetaan empati Bunsay ini. Mari kita jabarkan.

Perasaan dan Pola pikir Bunsay

Bunsay merupakan sosok yang suka berbelanja tapi di pikirannya hanya ingin berhemat. Tapi, kalau soal makan, Bunsay maju nomor satu untuk mentraktir. Terkadang Bunsay selalu merasa tertekan dengan ambisinya sendiri. Ingin mencari lebih banyak uang dengan cara yang efektif. Padahal hidupnya sudah berkecukupan. Alhasil jika ambisinya tidak terpenuhi, Bunsay menjadi sosok yang tidak bisa mengontrol emosi. Tipe yang tidak mau kalah dengan keadaan.

Bunsay sangat senang membantu, tapi terkadang kebaikannya malah dijadikan aji mumpung oleh orang sekitarnya. Mungkin awalnya Bunsay tidak maslaah tapi kalau sudah keterlaluan, bisa-bisa Bunsay meninggalkan orang yang seperti itu. Sebenarnya Bunsay bukan sosok pendendam tapi jika sekali ia disakiti, ia susah melupakan dan memaafkan.

Pandangan Bunsay

Pandangan ini dalam arti lain seperti frekuensi. Bunsay sangat sefrekuensi jika bertemu dan berkenalan dengan sesama ibu-ibu. Ia menghargai dan memuliakan Ibu-ibu. Bunsay akan menghindari berkenalan dengan ibu-ibu yang selalu membanding-bandingkan, tidak pernah bersyukur, suka menggunjing dan ibu-ibu yang menurut Bunsay julid. Karena Bunsay hanya ingin menciptakan suasana pertemanan yang nyaman dan sejuk. Bunsay biasanya langsung gercep kalau ada ibu-ibu yang senang sharing tentang kekuasaan Allah atau segala sesuatu tentang islam.

Pendengaran Bunsay

Bunsay sangat cuek dengan penilaian dan gunjingan orang lain. Tetapi Bunsay sangat menghargai jika kritik dan saran langsung disampaikan kepadanya tanpa membicarakan di belakang Bunsay. Bunsay sangat senang jika diajak berdiskusi tentang dirinya. Ia sosok yang suka intropeksi diri terkait perilaku dan sikapnya. Tapi jangan salah, jika sekali Bunsay mengetahui ada yang berkhianat, ia tidak akan mempercayainya smapai kapanpun meksipun orang yang bersangkutan sudah meminta maaf dan menjelaskannya kepada Bunsay. Oh iya, Bunsay tipe orang yang sangat cerdik seperti detektif lho!.

Keseharian Bunsay

Keseharian Bunsay tidak jauh dari laptop, Hp, daster, anak, mainan, dan dapur. Dini hari Bunsay bangun tidur lalu bergegas menyelesaikan tugas domestik. Dilanjutkan kegiatan dapur dan berakhir di kegiatan bersama anak. Untuk bisnis yang sedang dijalankan Bunsay, ia tidak terlalu ambil pusing tapi ya Bunsay tetep pusing karena bunsay tipe orang yang tanggung jawab.

Perihal belanja mingguan, Bunsay selalu mengandlakan bapak tukang sayur yang bisa di pesan lewat online. Karena Bunsay ini orang yang sangat malas keluar. Alasannya karena rumahnya yang ditengah kebun jadi untuk menuju ke warung sayur agak jauh harus turun melewati perkampungan.

Permasalahan Bunsay

Menata Hati. Mungkin itulah permasalahan yang kerap kali menyelimuti pikiran Bunsay. Ia harus menata hati untuk menerima bahwa tidak semua yang ia rencanakan sesuai dengan keinginannya. Ia juga belajar menata hati jika sang anak tidak mau jauh darinya dan maish sangat membutuhkan perhatiannya. Impian yang terkadang maju-mundur karena mempertimbangkan banyak hal dan terkadang belum menemukan titik temu.

Pencapaian Bunsay

Bunsay merasa bersyukur karena bisa sharing dan membantu ibu-ibu yang sedang membutuhkan pekerjaan. Bunsay juga bersyukur bisa memberikan yang terbaik meksipun belum sempurna kepada keluarga kecilnya.

Sudah Mengenal Bunsay

Begitulah sosok Bunsay, ibu-ibu berdaster lucu yang selalu ingin tahu. Memiliki impian dan ambisi yang terkadang mempengaruhi emosinya. Selalu bertekad dan tidak pernah mau kalah dengan keadaan. Bunsay adalah sosok wanita kuat dan selalu ingin belajar. Ada satu motivasi yang membuat Bunsay bertahan.


"Man jadda wa jadda. Siapa yang bersungguh-sungguh ia akan ketemu (hasilnya). Jangan merasa Bisa tapi bisalah merasa. Menjadi gelas kosong dimanapun".

Sekian dulu penjelasan tentang user persona dan Empathy Map di Blog bundacenter. Kalian pasti suka kan di panggil Bunsay. Heheheh.









Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

8 comments

  1. Ternyata panggilan Bunsay ini bikin para ibu yang ngebacanya jadi merasa di sayang gitu ya Mba, Keren.... lanjutkan Mba :)

    ReplyDelete
  2. Ngena bgt mba panggilannya bunsay. Sukaaaa 😘

    ReplyDelete
  3. makasi mam udah sayang sama bunsay... semoga nama ini menjadi doa yang dihijabah agar blog ini disayang terus sama para pembacanya, aamiin

    ReplyDelete
  4. selalu salut sama ibu2 muda ini. fotonya bagus Bunsay

    ReplyDelete
  5. Semangat buat para Bunsay di luar sana yaaa kita bisaaa yeahh!

    ReplyDelete
  6. Keren banget Bunsay bisa cuek dengan omangan orang lain, bisa dijadikan panutan, nih.

    ReplyDelete
  7. Panggilannya cukup akrab ditelinga. Pokoknya jangannpernah menyerah dgn keadaan

    ReplyDelete
  8. Pokoknya kuota/wifi kudu kenceng terus ya bunsay ☺

    ReplyDelete

Post a Comment