mamahebat.com

Ngobrol santai bersama Yuana Fatwalloh, Tips Blogger Pemula dan Jurnalis

11 comments

Yuana Fatwalloh Dan Dunia Jurnalis

Yuana Fatwalloh, nama peserta kelas Blogspedia Coaching yang pertama kali kukagumi. Mengenalnya melalui unggahan Coach kami, Coach Marita tentang pemenang lomba yang diadakan Astra dan Yuana ini menjadi salah satu pemenangnya. Dari situlah aku tertarik dan langsung menghubunginya melalui whatsapp privat untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya sekaligus mencari tahu tips trik nya mengikuti lomba kepenulisan.

Sejak saat itu, kami jadi sering berkomunikasi. Ntah bertukar pendapat atau bertanya hal yang lainnya. Dengan begitu aku lebih banyak tahu tentang sosok mbak Yuana. Mbak Yuana adalah seorang Ibu satu anak yang alhamdulillah officially jadi ibu setelah setahun menikah. Ketertarikannya di dunia jurnalistik mengantarkannya bekerja di salah satu instansi jurnalistik terkenal. Yuana termasuk orang yang sangat mencintai pekerjaannya, terbukti ia sangat menikmati perannya sebagai jurnalis karena menurutnya dengan menjadi jurnalis ia bisa mendapatkan banyak insight. Mulai dari politik, hukum, pemerintahan hingga sosial. Selain itu, hal yang membuat Yuana semakin cinta dan bersyukur dengan profesinya sebagai jurnalis adalah bertemu dengan orang-orang yang berbeda latar belakang dari pejabat hingga pembunuh. Wah seru sekali ya jika kita bisa berkenalan dengan sisi lain dari kehidupan. Karena kita akan mendapat banyak pembelajaran dari sana.

Kurang lebih 2,5 tahun bekerja menjadi jurnalis, Yuana akhirnya memutuskan resign dari pekerjaanya dan mencoba dunia baru dengan bekerja menjadi staff ekspor di salah satu pabrik di Sidoarjo. Hingga sekarang Yuana memutuskan menjadi Fulltime Mom. Alasannya sangat bijak, ingin menjadi Ibu dan ingin terus berkarya tanpa meninggalkan anak. 

Ngobrol santai bersama Yuana Fatwalloh, Tips Blogger Pemula dan Jurnalis


Yuana merupakan lulusan dari kampus ternama di Surabaya, Universitas Airlangga. Lulus di tahun 2017 di jurusan Sejarah. Sejak kuliah Yuana aktif di berbagai kegiatan organisasi baik intern maupun ekstern. Kuliah di jurusan sejarah membuatnya mulai mengenal blog. Karena ia mengabadikan tulisan sejarahnya melalui blog. Namun blog tersebut tidak bertahan lama. Karena berbagai kesibukan pekerjaan, ia tak ada lagi waktu untuk menulis di blog. Lalu Yuana mulai aktif blogging kembali pada tahun 2021, tepat setelah ia menyandang status menjadi seorang istri. Blog terbaru nya setelah sekian lama hiatus adalah Yuanyuan.blogspot.com. sesuai dengan nama nya Yuana.

"Jadi jurnalis itu harus banyak baca, dan mampu menghidupkan segala panca indra. Indra mata, pendengar dan perasaan. Menulis butuh kejelian mencari data dan objektif dalam menulis serta butuh perasaan agar tulisannya 'gurih' ketika dibaca" imbuhnya.

Memang benar, karena beberapa tulisan Yuana juga terkesan 'gurih' enak dibaca penuh dengan kosakata dan pemilihan kata yang tepat.

Mengapa Memilih Menjadi Blogger ?

Sesuai dengan latar belakangnya yang mencintai dunia jurnalis, Yuana ingin sekali menerapkan ilmunya melalui Blog. Selain karena hobi nya berbagi informasi dan cerita juga karena melalui blog ia bisa merasa sedang healing.

Mungkin menurut sebagian orang healing itu harus pergi ke tempat wisata, berbelanja, rekreasi dan lainnya. Tapi ternyata healing versi Yuana adalah dengan blogging, ntah edit template, posting artikel atau blogwalking. Yuana merasa menemukan kebahagiaanya di Blog.

Saat kami Tanya tentang “Apasih Goals yang ingin di capai dari menjadi blogger?” Jawabannya sangat simple. “Saya ingin menjadi blogger professional. Ingin bekerja dari rumah tanpa harus meninggalkan anak”. Berbekal impiannya tersebut membuat Yuana pantang menyerah dalam belajar blog dan segala aspek yang berkaitan dengan blog. 

Kendala Yang Mungkin Dialami Ibu Rumah Tangga Ketika Blogging

Kendala menjadi blogger ibu rumah tangga

Tidak mungkin impiannya menjadi blogger profesional diraih dengan mudah, pasti harus ada pengorbanan dan perjuangan dibaliknya. Nah, kira-kira apasih yang menjadi kendala Yuana selama kegiatan blogging?.

1. Waktu Yang Terbatas

Saat ini mbak Yuana merupakan fulltime mom and new mom. Bukan hal yang mudah bukan?. Banyak penyesuaian dan adaptasi dengan kebiasaan baru. Mulai mengAsihi, merawat, menidurkannya, menggendong, menyuapi makan belum lagi kalau si dedek rewel. Makin terbatas waktu kita. Namun, mbak Yuana tidak menjadikan itu sebagai alas an untuk berhenti blogging. Ia tetap menyempatkan waktu untuk bloging dengan cara membuat planning dan mengikuti berbagai komunitas blog untuk meningkatkan semangat dan meningkatkan pengetahuannya.

2. Ide Yang Tak Kunjung Datang

Mungkin ini bukan kendala mbak Yuana saja ya bun. Hampir semua Blogger menantikan munculnya ide-ide baru. Mbak Yuana sering membaca artikel atau sering juga blogwalking untuk menggugah ide dan menambah kosakata baru.

Menurut Yuana,


“setiap kendala pasti ada solusi. Tergantung bagaimana kita menyikapi kendala tersebut mau berfokus terhadap masalahnya atau mau berfokus terhadap solusinya”.


Blogger pemula yang berhasil menang di ajang bergengsi


Itulah Yuana. Prestasinya membuatku kagum dan tertarik mengenalnya lebih jauh. Di tengah keisibukannya menjadi fulltime mom, Yuana telah membuktikan bahwa jika ada kemauan pasti ada jalan. Menjadi fulltime mom tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berkontribusi dalam menorehkan gagasannya. Di bulan Desember tepatnya pada tahun 2021, Yuana berhasil menyabet gelar Juara Favorit 14 di ajang bergengsi Anugerah Pewarta Astra 2021 yang diadakan oleh Astra. Saat itu judul artikel yang ditulis Yuana cukup menarik dan berkorelasi dengan tema lomba, Desa Mandiri Masyarakat Berdaya Wisata. Tentu menyabet gelar juara tersebut tidak didapat dengan berleha-leha dan memilih fokus dengan masalah yang ada. Pasti didapatkan dengan upaya, pengorbanan dan kerjakeras. Kira-kira apasih yang harus dipersiapkan sebelum lomba ? Inilah tips yang Yuana bagikan khusus untuk pembaca setia blog bunda center. Mari kita simak :

1. Mencari info

Memaksimalkan social media sebagai media beburu informasi perihal informasi lomba. Biasanya ada di instagram tentang kepenulisan atau lomba-lomba artikel.

2. Memahami dan mengikuti tema yang telah ditentukan panitia

Memahami ini hal yang sangat penting ketika kita mengikuti lomba. Tema yang ditentukan panitia biasanya adalah tema umum yang kita harus memikirkan sisi lain dan berpandangan secara luas dari tema tersebut.

3. Melakukan Riset

Lakukan riset jauh-jauh hari. Maksimalkan membaca buku yang berkorelasi dengan tema, carilah narasumber yang berkopenten dibidang tersebut, dan lihatlah sekeliling untuk menjadikan riset menjadi lebih nyata.

4. Mencari Sisi Unik/ Sisi Antimainstream Nya Dari Tema Yang Telah Ditentukan

Tulis dan catatlah berbagai sudut pandangmu terhadap hasil risetmu. Karena dengan begitu kamu bisa mengetahui sisi unik nya dari karya mu nantinya.

5. Sering Melakukan Blogwalking Untuk Menambah Pengetahuan.

Tidak merasa puas dengan tulisan sendiri. Belajar ke orang lain dengan cara blogwalking sering dilakukan oleh Yuana. selain untuk menambah wawasa, mengetahui aneka sudut pandang, Blogwalking juga bisa menambah kosakata kita dalam menulis.

Melangkah dulu, begitulah katanya dengan tegas. Menurut Yuana jika ingin menjadi blogger jangan banyak mikir. Langsung lakukan saja. ‘Mulai aja dulu’. Kalau ada niat pasti ada jalan. Kalau ada niat pasti ada tekad. Belajar dari mana saja bisa. Jangan pernah merasa Bisa. Tapi Bisalah merasa. Ikutin berbagai kegiatan yang berkaitan dengan blogger. Tetaplah belajar dengan selalu mengosongkan gelas agar ilmu bisa senantiasa mudah masuk. Dan yang terpenting selalu konsisten dan tetap semangat.

Siap Belajar Lagi

Perjalanan yang sangat epic dan berkesinambungan antara jurnalis dan blogger. Yuana mampu memadupadankan impian dan pengorbanan. Hingga akhirnya berhasil membuka mataku bahwa tidak ada masalah yang tanpa solusi, asal ada niat dan tekad yang kuat semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Impian harus dijemput. Semangaat.


Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

11 comments

  1. Semangat belajar terus buat kita, memilih jadi ibu adalah keputusan yang luar biasa. Artinya, jadi perempuan hebat dg bakat multitasking yang mumpuni:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa mbak hehehe. Semangat ya untuk kita dan ibu ibu diluar sana. Kita semua hebat.

      Delete
  2. Pasangan yang dijemput nih ternyata, pantes gercep banget pas ngisi list, good job, memang kalo mau belajar harus berani nodong ilmu, semangat belajar terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jadi ketahuan wkwkwk. Alhamdulillah aku juga mau nodong ilmu lhooo di ummafaha. Semangat belajar terus yaaa.

      Delete
  3. Keren mbk yuana. Terimakasih sudah mau berbagi tips menang lomba. Semoga semangatnya bisa menular

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, aku jg mau ketularan semangat dan juara nya. Semangat belajar yaaaa.

      Delete
  4. Wah keren bgt mba Yuan pernah jdi Jurnalis jga. Jadi udah gak asing lagi sama dunia tulis menulis. Sama2 ibu muda kita, semangat trs mba! 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak alfida, salam ibu muda. Trimakasih yaaa. Semangat terus.

      Delete
  5. Penyampaian yang apik mba. Bikin betah bacanya dan jadi semakin tahu tentang mba Yuana. Ikut kenalan juga ah.. 😁

    ReplyDelete
  6. Tetap semangat berkarya sambil tetap mendampingi keluarga. Bahagia selalu semuanya

    ReplyDelete
  7. Siap dipraktekin nih tips nya mba Yuana. Makasi sudah berbagi tips terbaiknya mba Yuana ya mba..

    ReplyDelete

Post a Comment