mamahebat.com

Mengapa SEO On Page itu penting? Inilah Alasannya

4 comments
Hai bunsay, bagaimana kabarnya?. Masih semangat untuk terus belajar di bundacenters ya. Kali ini kita akan belajar tentang per SEO-an. SEO? Apa itu? Apakah sebuah makanan enak? Apakah sepenting itu mengenal SEO ?. Eitss tunggu-tunggu. Belum-belum pertanyaannya ngerentep ehehe.

SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimation. Ini adalah cara yang bisa ditempuh agar artikel kita masuk di halaman satu mesin pencarian, yaitu Google. Untuk mencapai kesana gampang-gampang susah ya bunsay.

Perlu banyak belajar, dan yang perlu digaris bawahi. Ilmu SEO On Page ini ilmu seni. Setiap mastah memiliki caranya masing-masing untuk mencapai SEO On Page.

Apa itu SEO On Page?

apa itu seo on page


Dilansir dari glints.com SEO On Page adalah praktik untuk mengoptimalkan blog kita agar masuk di peringkat teratas serta halaman satu Google. Kalau menurutku, SEO On Page lebih menguatkan unsur konten yang dimiliki, sehingga Google merekomendasikan konten kita kepada para pembaca. Dan jika semakin banyak pembaca, bisa jadi website kita berekesempatan awet di peringkat teratas Google. Intinya, konten adalah kunci yang membuat kita disayang Google.

Bagaimana Cara Kerja SEO On Page

1. Keahlian Penulis

Ini berkaitan dengan niche yang kita pilih sejak awal membangun sebuah blog. Niche yang jelas dan berfokus akan berpeluang besar mendapat perhatian dari Google.

Misalkan, jika kita sedang mencari info kesehatan, tips hidup sehat, tips diet sehat. Google pasti merekomendasikan website yang terfokus dengan tema tersebut. Misalkan alodoc, hallosehat, klikdokter, dan lain sebagainya.

Atau kita sedang mencari tentang bagaimana cara ngeblog bagi pemula, cara menulis konten yang berkualitas, cara mencari ide. Google biasanya merekomendasikan ke website yang membahas lengkap hal tersebut. Misalkan blogspedia, niagahoster, dan lain sebagainya. Dalam hal ini kredibilitas konten dapat dilihat dari keahlian penulis dalam menguasai materi.

2. Konten yang berkualitas

Kalau kata coach Marita, konten is the king. Yaps, memang benar adanya. Konten yang berkualitas akan membuka peluang besar kita dilirik oleh Google. Maka riset kata kunci harus selalu dilakukan untuk membuat konten kita bisa menjadi jawaban para pembaca ketika mereka mencari di mesin pencari yaitu Google.

3. Penulis yang nyata

Inilah pentingnya halaman about me, tentang penulis, kenali penulis, kenali aku, dan lain sebagainya. Halaman ini juga akan dilirik oleh Google sebagai acuan bahwa blog kita bukan dijalankan oleh robot. Tetapi memang benar-benar ada penulis yang menjalankan blog tersebut.

4. Jangan lupa mengubah HTTP ke HTTPS

Pernah ngga sih bunsay nge-klik suatu link dan mengarah ke website yang tulisannya website ini tidak aman. Dulu aku melihat pemberitahuan seperti itu, apalagi ditambah warna merah-merah membuat aku takut. Jangan-jangan ini website terlarang eheheheh.

Ternyata itu adalah dampak jika kita para blogger ketika lupa mengaktifkan HTTP nya. Bagaimana caranya? Caranya mudah, untuk blogspot bisa masuk ke dashboard dan masuk pengaturan. Lalu alihkan http ke https.

Apa Saja Komponen SEO On Page?

Setelah belajar cara kerja SEO On Page, sekarang mari kita bahas komponen yang membuat artikel kita bisa terpilih oleh Google melalui SEO On Page.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis artikel. Menurut coach Marita. Ada 14 tips SEO On Page yang musti diterapkan oleh blogger-blogger pemula seperti aku dan kita-kita bunsay. Apa aja itu? Yuk kita intip. 


komponen seo on page

1. Judul

Judul artikel upayakan sesuai riset kata kunci. Jangan lupa melihat kata kunci terkait untuk menambahkannya di dalam artikel kita. Entah di awal pargraf atau akhir paragrapf. Oh iya, jangan lupa juga ya kata kunci maksimal 55 karakter. Jika terlalu susah menghitungnya, coba ke browser dan buka word counter.

2. Permalink

Permalink berisi maksimal 75 karakter. Dan itupun mulai huruf “H” dari https nya, belum lagi blogspot nya. Nah sudah bisa memperkirakan sendiri kan sudah terpotong berapa karakter. Maka dari itu permalink sebenarnya dibagi dua. Otomatis dan Custom.

Otomatis berarti permalinknya sesuai judul yang kita tuliskan, tapi pasti panjang ya. Dan ketika permalink nya terpotong akan tambah mengurangi kaidah SEO On Page kita. Namun jika dirasa permalink otomatis sudah oke, bisa digunakan juga.

Custom berarti kita isi dengan kata kunci penting sebagai penunjang SEO On Page nya. Gunakanlah huruf kecil dan tambahkan tanda ( - ) strip untuk memisahkan antar kata.

Contoh permalink otomatis dari judul:

https://bundacenters.blogspot.com/2022/10/tips-belanja-sayur-online-dengan.html

Maka kita bisa mencustom permalink tersebut dengan :

https://bundacenters.blogspot.com/2022/10/tips-belanja-sayur-online-dengan-mudah.html

Intinya perhatikan permalink, jangan sampai terputus agar SEO On Page yang kita targetkan dapat tercapai.

3. Meta deskripsi

Meta Deskripsi merupakan kalimat yang menejelaskan isi artikel. Panjangnya hanya 155 karakter. Maksimalkan keyword muncul di meta deskripsi agar pembaca yakin bahwa artikel kita memuat jawaban yang mereka cari.

4. Paragraf Pertama

Paragraf pertama berguna untuk menyapa pembaca dan menyisipkan keyword yang akan dibahas. FYI biasanya Google pun tidak menampilkan meta deskripsi, melainkan paragraf pertama yang berisi keyword di artikel kita.

5. Update Penulisan Keyword

Kalau kata coach Marita, menurut pengalamannya. Dahulu ia sering diajarkan bahwa penulisan keyword itu harus di cetak miring, tebal, atau digarisbawahi. Tetapi, sekarang Algoritma Google semakin update. So, tidak perlu lagi penulisan keyword ala zaman dulu.

Penulisan keyword cukup di sisipkan di paragraf, sisipkan di heading maupun di sub heading. Tapi, harus dengan konsep yang tidak melulu mengulang-ulang keyword ya. Misalkan dengan cara mencari relate keyword yang bisa kita jadikan ide untuk menulis di pargraf.

6. Paragraf Penutup

Kalau ada pargraf pembuka, ya harus ada paragraf penutupnya dong bunsay heheeh. Yakali ada yang buka ga ada yang yang nutup.

Paragraf penutup ini bisa difungsikan sebagai kesimpulan artikel kita, dengan berisi kata kunci atau keyword yang sedang kita bahas.

7. Jumlah kata

Terkait jumlah kata, belum ada yang sepakat berapa jumlah kata yang pas. Kalau pengalamanku ikut blogspedia coaching. Jumlah kata bisa 800, 1000, atau bahkan 2000. Tapi sejauh ini masih diajarkan jumlah kata minimal 800 kata.

8. Optimalkan Paragraf

Sempat di review tugasku ternyata paragraf ku cukup penuh untuk zaman sekarang yang semua orang bisa mengakses tulisanku melalui layar smartphone nya. Optimalkan paragraf dengan member spasi atau jarak yang sesuai, selain itu optimalkan kata kunci saja jika ada yang kurang berguna maka di buang saja agar tidak memenuhi paragraf.

9. Perhatikan Susunan Heading

Ini nih PR terbesarku. Dulu masih bingung dengan heading apakah judul harus H1? Lalu sub judul harus H2? Dan lain sebagainya.

Setelah aku mengikuti blogspedia coaching, susunan Heading ini penting lho bunsay. Agar artikel tersusun rapid an tidak membingungkan. Tidak boleh setelah H1 langsung lompat ke H3 ataupun Setelah H3 naik ke H1.

10. Lengkapi Gambar

Menyisipkan gambar dalam artikel ternyata tidak hanya untuk pemanis belaka lho!. Kita bisa mengoptimalkan penggunaan gambar dengan member rename sesuai kata kunci, memberi tittle dan Alternatif Text yang sesuai dengan judul dan kata kunci.

11. Link dalam artikel

Link dalam artikel perbandingannya minimal 3:1. Internal link harus lebih banyak dari eksternal link.

Link eksternal bisa kita sematkan untuk diarahkan ke pihak yang bekerjasama dengan kita, atau website referensi yang kita baca.

Link Internal, ya link ya ada di dalam blog kita.

12. Jangan lupa LSI keyword

Lebih sederhananya LSI keyword adalah padanan kata. Kata yang bisa bermakna sama dengan keyword yang kita pilih.

Misalkan saya sedang mencari keyword “belanja sayur online Malang”. Ketika dalam artikel bukan berarti setiap paragraf selalu saya tuliskan kalimat tersbeut. Bisa di kolaborasikan dengan kata :

toko sayur online murah di malang

toko sayur segar terdekat

supplier sayur malang

belanja online malang

supplier sayur malang

rekomoendasi belanja sayur online

itulah contoh beberapa kalimat yang relate dengan kata kunci yang sedang kita bahas.

13. Share di media social mu

Kalau pemula sepertiku memang harus sering-sering share link artikel terbaru di media social. Tujuannya tentu untuk mengundang pembaca hehe. Selain itu, siapa tahu ternyata ada banyak pembaca yang setuju dengan jawaban kita.

14. Lakukan inspect url

Inspect URL berguna untuk memberikan informasi tentang halaman spesifik dalam versi yang sudah diindeks Google. Selain itu, untuk menguji apakah halaman di situs kita bisa diindeks, dan lain sebagainya. Cara inspect url bisa ditengok secara lengkap di artikel Blogspedia.

Nah itulah 14 komponen SEO On Page. Semoga bisa kita jadikan acuan dalam membuat blog kita bisa disayang Google heheh.

Manfaat Belajar Optimization Seo On Page

Manfaat optimization


Belajar SEO memang membuat sedikit pusing ya bunsay. Tapi dari kepusingan tersebut ada berbagai manfaat yang kita tuai lho dari belajar SEO apalagi jika kita berhasil menerapkannya.

1. Berpeluang Ranking Atas di Google

Jika banyak yang mengunjungi blog kita, tentu kita berpeluang besar mendapat banyak pengunjung. Dan itu akan susah menggeser posisi kita dari kursi peringkat teratas. Heheh.


2. Hemat Biaya Promosi

Jika blog kita sudah terindeks Google, Google akan dengan mudah meliirik dan merekomendasikan banyak pengunjung untuk berkunjung ke blog kita. Dan itu akan menghemat ratusan ribu biaya promosi kita, jika kita menulis blog tujuannya seo untuk bisnis.

Tentunya pengunjung akan lebih percaya dengan blog yang kita miliki karena rate yang kita dapatkan selalu tinggi.

3. Dilirik agency

Jika kamu penulis lepas, kamu berkesempatan dilirik agency untuk bekerjasama. Bisa jadi kamu malah ditawari job untuk men-SEO-kan artikel mereka hehehe.

4. Bermanfaat yang menyenangkan

Memang SEO yang baik adalah konten yang mampu menjawab persoalan masyarakat. Atau konten yang bermanfaat. Bermanfaat yang menyenangkan ya dengan konten kita disayang Google.

Summary

Belajar SEO memang tidak ada ujungnya. Algoritma Google selalu update. SEO adalah seni. Setiap orang memiliki caranya tersendiri untuk mencapai SEO On Page. Ibaratnya banyak jalan menuju roma. Banyak cara mencapai SEO On Page. Yang terpenting adalah artikel yang kita tulis membawa manfaat untuk pembaca, menjadi jawaban yang dicari oleh pembaca.



Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

4 comments

  1. Semangat belajarnya yaa bunsay akupun masih banyak bgt PR nya 😂

    ReplyDelete
  2. Mantab sekali bun.. Betul itu betul, yang penting kita berorientasi untuk memberi manfaat dan jawaban yang dibutuhkan pembaca. Nanti SEO pelan-pelan bisa ngikut.. Ya nggak? 🤭🤭

    ReplyDelete
  3. Wah iya bun belajar seo bikin pusing tapi kalo berhasil menerapkannya bikin happy 😆

    ReplyDelete
  4. Keren sekali bun ulasannya...spt ny asik ni kl bljr SEO ny bareng bundacenters😍

    ReplyDelete

Post a Comment