mamahebat.com

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas, Ini 9 Tips Akurat untuk Pemula

5 comments
Assalamualaikum momies, bagaimana kabarnya ? semoga sehat selalu ya.

Kali ini aku ingin bercerita tentang tips jitu memilih mobil bekas berkualitas.

Berawal dari beberapa teman yang menanyakan cara memilih mobil bekas, akhirnya ku coba merangkum dengan jelas point-point yang harus di perhatikan ketika memilih mobil bekas.

Sebenarnya aku pun bukan berasal dari bidang otomotif. Tapi karena suami konsen di bidang tersebut jadilah aku juga belajar dan mengetahui seluk beluk dan tips dalam memilih mobil bekas.

Kami pun membeli mobil bekas sebagai mobil pertama kami. Selain menyesuaikan budget juga kualitasnya yang masih oke dan siap pakai. Melalui hal tersebut membuat beberapa teman kami meminta tolong kepada kami untuk menginspeksi mobil yang ingin mereka beli.

cara memilih mobil bekas berkualitas

Kepuasan teman kami terhadap mobil yang kami pilihkan adalah suatu kebahagiaan bagi kami juga.

Baiklah sebelum mengetahui tentang mobil bekas, kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis mobil secara umum, mengapa memilih mobil bekas? , lalu tips memilih mobil bekas berkualitas.

Jenis-jenis Mobil secara Umum

  • Sedan
contoh mobil sedan terbaru

Mobil yang biasanya nyaman digunakan sebagai citycar. Mobil yang menampung maksimal 5 orang. Mobil ini terbilang sangat stabil dan minim limbung ketika digunakan untuk menikung.

Contoh mobil sedan misalkan Toyota Vios, Toyota Corolla Altis, Honda City, Honda Civic, Honda Accord, Hyundai Avega dan lain sebagainya lainnya.

  • MPV
contoh mobil MPV 2022

MPV atau Multi Purpose Vehicle. Mobil ini biasanya dapat menampung 7 orang. Mobil yang rekomen untuk dijadikan mobil keluarga. Biasanya mobil MPV memiliki suspensi yang lembut agar nyaman dikendarai ketika bersama keluarga besra. Terdapat berbagai macam contoh mobil MPV misalkan Toyota Kijang Innova, Honda Mobilio,Mistubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan lain sebagainya.

  • SUV
cara memilih mobil bekas suv

Kepanjangan SUV adalah Sport Utility Vehicle. Sport dalam mobil ini berarti mobil yang multifungsi. Ya mobil keluarga, ya mobil offroad. Mobil ini tangguh di segala medan karena memang di desain lebih tinggi dan desain ban yang berbeda dengan mobil MPV. Contoh mobil SUV adalah Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Rush, Wuling Almaz, Toyota Fortuner, Hyundai Kona dan lain sebagainya.

  • Hatchback
cara memilih mobil bekas mobil hatcback

Jenis mobil citycar yang memiliki basisi seperti sedan. Perbedaannya dengan sedan terletak pada bagasi nya dan tingkat kelimbungan mobil. Bagasi pada sedan terletak pada bagian ekor dan terpisah antara tempat duduk belakang dengan bagasi, lain hal nya dengan Hatchback yang letak bagasinya berdekatan dengan tempat duduk belakang. Contoh mobil hatchback adalah Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Jazz, Honda Brio, Toyota Yaris, Nissan March dan lain sebagainya.

Mengapa Memilih Mobil Bekas ?

  • Siap Pakai / Tanpa Inden

Enaknya membeli mobil bekas adalah mobilnya bisa dikendarai langsung. Lain hal nya dengan mobil baru. Mungkin bisa kita melihat fisiknya di dealer resmi, tapi untuk memilikinya biasanya harus menunggu beberapa hari untuk bisa sampai ditangan kita.

Jika momies menginginkan mobil yang ready siap pakai, mobil bekas berkualitas lah solusinya.

  • Harga Murah/Bisa di Nego

Untuk membeli suatu barang atau benada pasti kita semua mempertimbangkan harga nya. Worth it ngga dengan manfaat yang akan kita dapatkan?.
mobil bekas adalah mobil yang cenderung mempunyai harga yang murah. Sehingga banyak sekali pilihan agar sesuai dengan budget yang kita punyai.

  • Banyak Pilihan

Banyak sekali mobil bekas yang berjejer-jejer di showroom. Momies tinggal pilih saja yang sesuai budget dan kualitasnya.

Itulah tiga alasan utama seseorang memilih membeli mobil bekas. Meskipun begitu, jangan asal pilih mobil ya momies. Harus benar-benar di cek. Apakah benar layak di kendarai sehari-hari ? atau apakah worth it antara harga dan kualitasnya?.

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas, Tips Akurat untuk Pemula

Cara ini adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk momies yang masih pemula dan awam tentang mobil. Agar momies bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas, sesuai dengan keinginan.

  • Body
dempul mobil bekas yang harus di hindari

Coba di ketok pelan apakah ada suara kaleng atau sudah berbunyi yang deep. Kalau masih kaleng berarti masih original atau belum pernah di dempul. Apakah dempulannya bagus atau tidak, dan bisa di indikasikan bahwa kendaraaan ini perndah nabrak.

  • Lihat sealen kap mesin
cara cek sealen mobil bekas

sealen kap mesin bawaan pabrik itu cenderung keras tapi bila kita tusuk dengan kuku akan membekas cap kuku kita. Apabila kap mesin sebuah kendaraan yang pernah direpair (pernah terjadi tabrakan bagian depan) biasanya sealen nya itu cenderung lembek.

  • Interior

Pastikan semua komponen interior utuh. Karena hal yang cukup sulit di mobil bekas adalah mencari sparepart interior. Perkirakan juga untuk perawatan setelah pembelian. 

  • Cek apakah terdapat bekas banjir ?
bawah dashboard mobil bekas

Cara melihatnya coba tengok ke bawah jok atau dibawah dashboard. Bila mobil itu pernah terendam banjir pastinya sudah banyak karat atau bekas lumpur di bagian yang seharusnya tidak bisa terkena air.

cara cek bawah jok mobil bekas

  • Cek kondisi kaki-kaki

Coba goyangkan ban mobil ke kanan dan kekiri menggunakan tangan. Apabila ban mobil terasa kocak atau bergerak artinya ada bagian onderstel yang harus di cek. Umumnya seperti tierot, balljoint, rackend dan lainnya. 

  • Cek bagian mesin
cara cek kap mesin mobil bekas

Coba nyalakan mesin, lalu rasakan ritme dari mesin. Mesin yang bagus harusnya stabil (tidak ndut-ndutan/pincang). Cek apabila masih keluar air di knalpot artinya kompresi mesin masih bagus (tapi hal itu hanya dapat dilihat di pagi hari/saat udara dingin). Cek juga apakah di area mesin ada rembesan oli atau tidak, jika iya coba cek dengan menyalakan mesin.

  • Cek service record

Coba di cek apakah mobil yang kita inginkan memiliki riwayat service di bengkel resmi. Jika iya artinya mobil tersebut masih terawat.

  • Kelengkapan surat-surat

Pastikan nomor mesin dan nomor rangka sesuai dengan STNK dan BPKB. Lalu coba cek menggunakan aplikasi samsat, pastikan data mobil tersebut terdaftar.

  • Harga sesuai kondisi

Pastikan Harga sesuai kondisi mobil dan budget anda. selain sesuai budget kita juga harus cek apakah di pasaran harga nya sesuai. 

Summary

Dengan mengetahui cara memillih mobil bekas ini, kita jadi lebih teliti dan jeli dalam memilih mobil bekas impian. Selain itu jangan lupa mencadangkan uang lebih untuk memperbaiki beberapa PR mobil bekas yang telah di pilih. Upayakan memilih mobil bekas yang minim PR ya momies. Selamat hunting mobil bekas berkualitas impian momies, semoga bisa menemukan yang tepat dan hati puas.
Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

5 comments

  1. Disini juga orang" lebih suka memilih mobil bekas dari pada mobil baru..

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen 1 mbak. Auto langsung sharing ke suami buat kode 😂

    ReplyDelete
  3. Emang bener sih kudu jeli ya mam karena kan udah pernah dipakai mobilnya

    ReplyDelete
  4. Selama ini dipercayakan aja gt sm pilihan suami ..hehe...baca artikel ini jd tahu dnk, bisa milih sendiri nantinya

    ReplyDelete
  5. Waah, menarik banget. Ilmunya dulu, mobilnya nanti hehe

    ReplyDelete

Post a Comment