mamahebat.com

Wisata di taman rekreasi Sengkaling UMM, Jelajahi Wahana Seru Ramah Anak

2 comments
Assalamualaikum Momies, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya ditengah cuaca yang tidak menentu ini. Kalau di kota Malang lagi dingin-dinginnya nih. Tiap hari pakai kaoskaki dan jaket heehhe.

Musim liburan sekolah memang telah usai, tapi euforia tentang liburan tersebut masih terasa dan melekat dihati. Eaak. yaaa karena untuk pertama kalinya wisata di Malang dibuka secara serentak setelah musim pandemi yang melanda Indonesia hampir 2 tahun yang lalu.

Saat itu ingin sekali berwisata yang bisa melihat satwa-satwa. Tapi mas suami ingin wisata yang ada kolam renangnya. Masa iya kita sehari dua wisata ? sepertinya tidak memungkinkan. Akhirnya kita cari-cari di internet dengan kata kunci wisata ramah anak bisa lihat satwa dan kolam renang.

masuk taman rekreasi sengkaling 2022

Saking seneng nya karena banyak tempat wisata yang telah dibuka, sampai bingung juga mau berwisata kemana. Inginnya wisata yang terlengkap, dan bisa di nikmati dalam sekali waktu. Anak senang orangtua bisa berwisata sambil santai ria. Dimanakah itu ???

Ketemulah wisata sengkaling (Taman rekreasi sengkaling/wisata sengkaling/Taman rekreasi sengkaling UMM). Sebenarnya wisata sengkaling tergolong wisata yang sudah ada sejak lama. Dan selama aku di Malang, baru pertama kali juga kau menginjakkan kaki di wisata Sengkaling ini. Padahal jarak antara Rumahku dan wisata sengkaling ini tergolong cukup dekat heheheh.

Taman Rekreasi Sengkaling UMM

Taman Rekrasi Sengkaling ini berlokasi di Jl. Raya Mulyoagung No.188 Mulyoagung Dau Sengkaling Jetis, Jetis, Mulyoagung, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. di Maps juga sudah ada ya momies. Wisata yang sudah ada sejak 1950 dan sekarang di kelola langsung oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Sengkaling adalah salah satu wisata yang ramah anak. Di area yang luasnya hampir 8,5 hektar ini terdapat kurang lebih 6 hektar di kelola menjadi taman bunga dan pohon.

Sengkaling juga merupakan tempat wisata dengan paket lengkap. Semua fasilitas mulai A-Z ada semua di sini. Apa saja A-Z itu ? Yuk simak.

  • Lapangan Parkir

lapangan parkir wisata sengkaling malang

Lapangan parkir di wisata Sengkaling sangat luas sehingga tidak perlu khawatir lagi pengunjung yang membawa rombongan keluarga besar atau rombongan sekolah. Dan jarak antara parkir dengan tempat wisata sangat dekat. Enak, nyaman dan tidak capek.

  • Pusat Oleh-oleh

Ada beranekaragam oleh-oleh khas malang yang dijual di dekat tempat parkir. Harganya juga sangat murah dan kualitasnya bagus. Lumayan cocok sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

  • Sengakaling kuliner

Sengkaling kuliner ini letaknya di sekitar area wisata sengkaling. Berlokasi di dekat pintu keluar dan tempat parkir. Makanan di Sengkaling Kuliner terbilang cukup murah, beraneka macam dan lezat

  • Harga Tiket Terjangkau

Inilah informasi harga tiket masuk wisata sengkaling 2022. Untuk momies yang ingin tiket biasa hanya di banderol dengan hargaRp. 35.000/orang sedangkan jika momies ingin menjelajahi seluruh wahana di Sengkaling maka momies memilih tiket terusan seharga Rp. 65.000. Anak kecil dibawah 2 tahun gratis ya momies.

  • Wahana Air

Wahana Air dibagi menjadi 5 lokasi yaa momies. Ada kolam kapal misteri, kolam pesona primitif, kolam pesona tirta alam, kolam pesona tirta sari dan kolam cumi-cumi.

  • Wahana Permainan

wahana permainan sengkaling malang

Wahana permainan di taman rekreasi sengkaling banyak sekali. bagi momies yang memilih tiket terusan jelajahi semuanya yaaaa. Tapi kalau aku tidak sanggup momies, saking banyaknya wahana permainan. Wahana permainan nya adalah misteri kapal, bioskop 4 dimensi, kiddy train, bom-bom car, merry go round, playground, sepeda air, bumper boat, kuda ria, perahu motor.

  • Taman Satwa

Koleksi taman satwa ada kelinci, burung, ayam, dan masih banyak lainnya.

  • Mushola

Mushola ini terletak di dekat sengkaling garden. Mushola bersih dan nyaman. 

  • Kamar basuh/ toilet/kamar ganti

Kamar ganti ini berguna untuk membasuh setelah berenang, jangan lupa bawa tempat penyimpanan baju basah. Dan jangan buang air kecil di kamar ganti/kamar basuh. 

Jelajah Wahana Ramah Anak di Taman Rekreasi Sengkaling UMM

Saat itu kami berangkat di hari efektif, alias bukan weekend. Kami kira pengunjung nya tidak sepadat saat weekend, tapi ternyata kami salah. Pengunjung di Sengkaling hampir setiap hari sangat padat. Tapi masih bisa leluasa untuk bersantai meskipun pengunjungnya padat.

Setelah membayar tiket masuk, kebetulan kami memilih tiket biasa karena takut waktunya tidak nututi untuk mejelajahi seluruh wahana di sengkaling. Dan kami tidak membayar tiket anak juga, karena anak kami masih dibawah dua tahun. Alias gratis.

Sebenarnya kami tidak begitu banyak mengabadikan momen saat berwisata di Sengkaling ini. Tapi semoga beberapa potret kebersamaan kami berikut bisa menggambarkan keseruan kami berwisata di Taman Rekreasi Sengkaling.

Setelah membayar tiket di loket tiket, kita menuju pintu gerbang. Pemandangan pertama sangat menghipnotis mata kami. Si kecil langsung exited sekali karena melihat hiasan-hiasan payung digantung terbalik. Bewarna-warni dengan jalanan menurun. Sambil jalan sambil mengenalkan warna-warna kepada anak.

Selanjutnya kami langsung menuju ke kolam renang. Kebetulan kami memilih kolam renang pesona primitif. Karena tiket kami hanya tiket masuk, maka untuk masuk ke kolam pesona primitif kami membayar lagi sebesar Rp. 10.000.

Sebenarnya bisa saja kami menikmati kolam renang di Tirta Alam dan Tirta Sari. tapi si kecil tertarik bermain wahana sambil berenang. Akhirnya kami memilih ke kolam pesona primitif.



berenang di wisata sengkaling malang

Setelah berenang kurang lebih 30 menit, kami rasa sudah cukup untuk bersenang-senang di kolam renang. Kami melanjutkan ke taman satwa. Sesuai rencana bahwa ingin berwisata ke taman satwa untuk mengenalkan hewan kepada si kecil.

Selama perjalanan menuju taman satwa, terdapat banyak sekali wahana yang kami lewati. Ada Playground, Sepeda air, dan juga sengkaling garden. Lumayan capek juga berjalan menuju taman satwa, tapi lelah tersebut tidak terasa karena sepanjang mata memandang banyak sekali bunga dan sepeda air berlalu lalang.

akhirnya sampai juga di taman satwa. Anak kami langsung excited sekali karena banyak sekali hewan yang ia kenali seperti ayam, burung kakak tua, kelinci dan lain sebagainya.

taman satwa di wisata sengkaling malang

Hari semakin sore, ingin sekali melanjutkan ke sengkaling garden. Tetapi apalah daya, waktu tidak memungkinkan karena sudah semakin sore dan saat itu juga gerimis mulai membasahi jalan.

kami kembali pulang tepat pukul 16:30. Meski sebelum pulang ada drama anak tidak mau pulang karena saking senangnya dia berlibur di taman rekreasi Sengkaling. Setelah diberi pengertian, akhirnya ia mau pulang.

Summary

Ketika menjadi orangtua baru, dan anak masih kecil. Ingin sekali berwisata yang ramah anak. yang tidak hanya sekedar bermain saja, tetapi juga belajar. Untuk momies yang ingin berwisata dengan tenang dan tetap menikmati waktu liburan, taman rekreasi Sengkaling ini sangat rekomen untuk di kunjungi bersama si kecil. Jangan lupa membawa baju ganti ya jika ingin berenang. Happy Holiday Momies.




Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

2 comments

  1. Objek wisata saat aku masih SD 😃

    ReplyDelete
  2. Padahal ini deket rumah. Sejak dikelola UMM aku belum pernah ke sini. Makin bagus ya? Tapi kayaknya kolam air hangatnya udah nggak ada ya mbak

    Kapan-kapan bisalah meetup di sini kita, sambil ngajak bocil hehe

    ReplyDelete

Post a Comment