mamahebat.com

Ketahui Minat Konsumen dengan Riset Pasar Ala Tyastana di Multivers One

5 comments
Assalamualaikum Momies, bagaimana kabarnya ? semoga selalu diberikan kesehatan ya. Karena aku lagi demam,batuk dan pilek nih, jaga kesehatan selalu ya momies.

Beberapa waktu lalu, saat scroll instagram. Ada flyer online yang memberitahukan webinar keren dengan judul “step by step riset pasar” yang diadakan oleh Multivers One.

cara riset pasar untuk pemula mudah dan gratis

Aku yang tahu bahwa riset pasar ini adalah ilmu mahal ilmu daging, tanpa pikir panjang langsung swipe up dong untuk daftar. Karena di zaman sekarang kita wajib tahu bagaimana riset pasar untuk pemula. Apalagi untuk ibu-ibu yang sedang merintis bisnis atau yang sudah mempunyai bisnis. Karena disamping belajar optimasi melalui SEO kita juga harus tahu bahwa riset pasar juga tetap diperlukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, memetakan inovasi dan pemasaran yang perlu dilakukan kedepan untuk keberlangsungan usaha yang kita miliki.

Apa itu Riset Pasar?

pengertian riset pasar dan contohnya


Sebenarnya ini adalah pertanyaan yang ada di benakku juga sebelum mengikuti event webinar ini. Apa itu Riset Pasar ? Mengapa harus riset pasar ? Kapan saat yang tepat untuk melakukan riset pasar ?

Pada kesempatan kali ini, coach yang menjawab berbagai pertanyaan dibenakku adalah seorang yang sudah lama melalang buana di dunia riset pasar. Sudah tidak diragukan lagi pengalamannya di bidang riset pasar untuk mengetahui minat konsumen.

Beliau merupakan seorang ahli dan seorang konsultan di bidang riset pasar. Dan sekarang sedang berkarir di perusahaan yang ia dirikan, yakni IOTA.

Yaps, mungkin banyak yang sudah mengenalnya. Tak lain dan tak bukan, beliau adalah Tyastana Agung Kusumastanto. Jika kita menuliskan nama di kolom browser dengan nama Tyastana A. Kusumastanto maka akan muncul berbagai macam profil dan pengalaman Coach Tyastana ini.

step by step riset pasar mudah dan gratis

Event ini diikuti oleh hampir puluhan orang yang mayoritas berkecimpung dibidang bisnis. Mungkin hanya saya yang belum mempunyai bisnis tapi belajar riset pasar hehehe. Memang niatnya ingin menambah skill yaa momies. Jarang-jarang ilmu daging begini di bagikan cuma-cuma.

Event yang diselenggarakan secara online pada tanggal 16 Juli 2022 ini berlangsung secara khidmat hampir 3 jam dipandu oleh moderator yang tidak kalah keren yakni Bapak Andhika Mashudi. Namun sebenarnya terasa ingin nambah jam saking enaknya penjelasan yang dipaparkan oleh Coach Tyastana ini. Penjelasan yang mudah dipahami meskipun oleh pemula seperti aku ini.

Mengapa Kita Harus Riset Pasar ? Begini Penjelasan Coach Tyastana

apa langkah pertama riset pasar


Pertanyaan yang secara serempak ditanyakan oleh para peserta. Mengapa kita harus riset pasar ? Kapan saya harus melakukan riset pasar ?.

Sebelum menjelaskan alasan terbesar mengapa harus riset pasar. Coach Tyastana memulainya dengan menyamakan mindset tentang riset terlebih dahulu.

Menurut beliau riset adalah sebuah teknik. Teknik untuk mengetahui sesuatu. Agar dalam proses mengetahui ini bisa maksimal dan tepat guna maka menggunakan riset untuk mencari hasil yang dibutuhkan.

Seperti hal nya riset pasar. Kita ingin mengetahui bagaimana bisnis kita berjalan, konsumen seperti apa yang membutuhkan produk kita, apa yang membuat konsumen repeat order dengan produk kita, apa yang dilakukan kompetitor bisnis kita, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi kompetitor, dan lain sebagainya yang menjadi dasar mengapa kita harus melakukan riset pasar.

Tujuan utama riset pasar adalah agar semua yang kita jalankan lebih mudah dan meningkatkan gut feeling kita sebagai pemilik atau calon pemilik bisnis.


Lalu kapan waktu yang tepat untuk memulai riset pasar ?


Jika ditanya “kapan?”. Beliau langsung menjawab “kapanpun saat menemui tantangan”. Artinya saat kita sudah memiliki produk dan sedang menawarkan suatu produk, lakukan riset untuk mengetahui konsumen. Saat tumbuh ditengah persaingan, lakukan riset untuk mengetahui apa yang menjadikan produk kita lebih unggul daripada milik kompetitor. Saat ingin mempertahankan kemenangan, lakukan riset untuk mengetahui inovasi apa yang akan dilakukan dan inovasi apa yang patut di pertahankan.

Riset Pasar Dulu atau Punya Produk Dulu ?

kiat-kiat untuk riset pasar

Mungkin untuk para momies yang sedang ragu, apakah harus riset dulu ? Kalau punya produk dulu gimana?.

Tenang mom, Coach Tyastana menjelaskan dari dua sisi. Satu dari sisi pebisnis yang riset terlebih dahulu, satu sisi lainnya pebisnis yang memiliki produk terlebih dahulu.

Riset Pasar Dulu

  1. Menentukan target market potensi
  2. Menemukan kebutuhan
  3. Memahami trend (product develop) produk yang sedang up atau yang sedang hits.

Punya Produk Dulu

  1. Memahami Kompetisi
  2. Menegtahui Pengalaman target
  3. Menemukan kebutuhan dan ekspektasi target.

Mindset Dasar Riset Pasar

cara mengetahui peta bisnis

Dalam event kali ini, Coach Tyastana juga menyampaikan beberapa point tentang mindset dasar riset pasar. Beliau menyebutnya Peta Kompetisi Bisnis.

Dalam Peta kompetisi bisnis ini dibagi menjadi dua bagian. Pertama bagian Peta Pasar dan yang kedua bagian Peta bisnis kita.

Dalam Peta Pasar, terdapat dua pokok bahasan yakni trends dan kompetitor. Sedangkan dalam Peta bisnis kita terdapat dua pokok bahasan utama yaitu performa dan positioning.

peta pasar dan peta bisnis kita

Peta Pasar

Trends

Dalam bagian ini ada beberapa yang bisa kita jabarkan dan korelasikan dengan apa yang terjadi.
  • Trends apa yang sedang terjadi saat ini ?
  • Teknologi apa yang sedang berkembang ?
  • Hal apa yang menjadi keinginan umum ? hal apa yang dbutuhkan orang-orang saat ini ?

Kompetitor

  • Siapa kompetitor kita ?
  • Apa saja yang dilakukan oleh kompetitor ?
  • Bagaimana performa kompetitor ?
  • Bagaimana posisi kompetitor saat ini ? Jarak antara kompetitor dengan bisnis kita ?.

Peta Bisnis kita

Performa

  • Revenue / Sales
  • Kegiatan Marekting
  • Bagaimana bisnis kita saat ini ?
  • Bagaimana performa nya ?
  • Inovasi apa yang patut di pertahankan ?
  • Apa yang harusnya di hilangkan ?

Positioning

  • Siapa existing customer bisnis kita ?
  • Mengapa konsumen memilih produk/jasa kita ?
  • Seperti apa ekspektasi konsumen kita?
  • Bagaimana kita mampu mengatasi permasalahan konsumen tersebut ?

Nah ngomong-ngomong tentang Positioning Bisnis, apakah ada yang bertanya-tanya mengapa kita harus tahu posisi bisnis kita?

Tentu jawabannya untuk mengetahui posisi bisnis kita dengan kompetitor. Secara umum bisnis positioning adalah sebuah kompas yang berguna sebagai petunjuk arah agar langkah yang kita lakukan untuk bisnis kita bisa tepat. Tujuannya tetap yakni untuk memahami konsumen, untuk mengetahui apa yang sedang dicari konsumen dari kita, apa yang diharapkan oleh konsumen.

Tools Riset Pasar Gratis

tools gratis untuk melakukan riset pasar


Bagi pemula sepertiku yang tidak tahu menahu tentang riset pasar akan lebih mudah jika menyewa penyedia jasa riset pasar untuk kita. Tapi sangat disayangkan jika kita tidak begitu paham apa itu riset pasar, bagaimana produk kita dan bagaimana konsumen kita. Oleh karena itu coach Tyastana memberitahukan bahwa sebenarnya riset pasar untuk pemula bisa mulai dan dilakukan secara sederhana dengan memanfaatkan tools gratis yang memudahkan kita dalam riset secara sederhana. Inilah lima tools gratis untuk Riset Pasar secara sederhana. 

  • Ask a Question

Bagi pengguna aktif sosial media instagram ada fasilitas polling yang biasa digunakan teman-teman untuk tanya jawab. Kotak pertanyaan Ask a Question di Instagram dapat membantu kita untuk mengetahui bagaimana konsumen terhadap produk kita.

  • Google Form

Jika kita ingin mengikuti seminar/webinar/kulwap, biasanya kita akan diarahkan untuk mendaftar melalui Google Form. Nah Google form tersebut yang digunakan oleh penyelenggara untuk mengetahui bagaimana minat konsumen terhadap produk/jasa yang mereka sediakan.

  • Jakpat

Jakpat adalah aplikasi online yang menyediakan responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

  • Make My Persona

Tools yang digunakan untuk membantu dalam proses membangun persona customer yang akan ditargetkan.

  • Google Alerts

Layanan dari Google yang membantu pengguna untuk update berita terkini. Dalam hal ini google akan mengirimkan hasil penelusuran ke email berdasarkan kata kunci yang diinginkan.

Sebenarnya masih banyak pembahasan yang di jelaskan oleh coach Tyastana ini, mulai riset pasar, contoh riset pasar, daftar pertanyaan dan analisinya hingga penarikan kesimpulan. Tapi mungkin inilah hasil resume yang bisa aku sampaikan kali ini terkait pengenalan riset pasar secara garis besar.

Summary

Riset pasar adalah suatu teknik yang di lakukan untuk mengenal lebih dekat dengan bisnis kita dan konsumen kita. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan riset pasar karena kapanpun saat kita menemukan tantangan dan secara naluri ingin mengetahui posisi bisnis kita dimata kompetitor maka saat itu juga kita melakukan riset pasar. Riset pasar yang tepat guna akan mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis kita dan memudahkan kita dalam mengambil keputusan kedepan. Yuk kenali konsumen dan produk kita, lakukan riset pasar sekarang juga.






Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

5 comments

  1. Artikel ini cocok banget buat saya matur thank you mbak

    ReplyDelete
  2. perlu dibaca berulang-ulang nih sama aku Mba. kalo sekali baca masih belum bisa nangkep, soalnya daging semua ilmunya. Makasih Mba :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih mbak jadi nambah ilmu lagi nih tentang riset pasar

    ReplyDelete
  4. Di bagian awal masih oke. Semakin ke bawah kok semakin mengerutkan kening. Harus dibaca berulang-ulang, nih :') Btw, di sini juga banyak yang demam + bapil. Hampir semua yang di rumah kena.

    ReplyDelete
  5. Wah ilmu baru nih mb...jd pny gambaran tentang riset pasar,thanks mb ilmunya

    ReplyDelete

Post a Comment