mamahebat.com

Menata Template Blog Mudah dan SEO Friendly

4 comments
Assalamualaikum momies, bagaimana kabarnya ? semoga sehat selalu ya.

Voillaaa welcome di Mamahebat dengan tampilan baru. Momies memperhatikan tidak tampilan baru di mamahebat ini ? Iya berubah hampir semuanya. Mulai warna, header, navbar dan masih banyak lagi. Gimana menurut momies? Suka ngga dengan tampilan baru di mamahebat ini ?

Kalau di tampilan sebelumnya kan identik dengan warna hijau dan tanpa ada elemen-elemen lain di sidebar dan lain sebagainya.

kalau sekarang kan lebih lengkap mulai navbar, sidebar, sampai bisa akses sosial media juga kan. Lalu, nuansa merah hati untuk melambangkan kehebatan mamahebat, yang selalu berjuang sampai titik darah penghabisan. Eakk.

menata template blog dengan mudah dan seo friendly



Setelah belajar tentang infografis, custom domain blogspot, nah sekarang saatnya kita belajar tentang menata template blog. Padahal menata template blog cenderung ribet dan bikin pusing, kenapa aku mau melakukannya? Pertama terpaksa, yang kedua dan seterusnya yuk simak artikel ini sampai selesai.


Alasan Ganti Template

Oke, sebelum masuk ke inti obrolan kita, aku mau berbgai cerita nih. Hampir seminggu ini aku pusing dengan menata template blog ku. Yaa karena berkenalan dengan kode-kode yang jujurly sangat baru, dan itu cukup membuat pusing.

Ibarat nya orang tersesat ditengah hutan yang belum pernah dilalui sebelumnya. Mumet ya momies.  

Tapi, alhamdulillah aku memiliki banyak coach dan teman-teman yang super baik. Ngingetin, ngajarin plus ngarahin sehingga jadilah template mamahebat yang sekarang.

Trimakasih semuanyaa.

Oke, berbagai alasan kuat mengapa aku ingin mengganti template blogku. Padahal kan ribet bin pusing yakk. Oke berikut ini yukk disimak.

                              mengapa harus menata template

  • Monoton

Kalau masih ingat template pertamaku adalah notable, bawaan blogspot. Saat itu aku memilih warna bawaan nya hijau. Menurutku template notable ini adalah template yang sebagian besar hanya menampilkan yang inti-inti saja hehe. Sebenernya bisa sih di permak biar cantik. tapi harus manual satu-satu. Aku rasa malah semakin repot dan pusing.

  • Tidak SEO Friendly

Lantaran kekeuh ingin SEO friendly sampai menata template pun aku jabanin. Templateku sebelumnya memang gratisan dan tidak SEO friendly. Yaaa aku rasa sayang saja jika sudah menulis artikel banyak-banyak tapi tidak SEO friendly. Artikel yang ditulis bisa-bisa tidak sampai ke pembaca yang membutuhkan artikel milik kita. Kalau yang sekarang kan template unduhan dan inshaAllah SEO friendly.

  • Loading Lama alias Lola

siapa disini yang kalau buka situs blog, lalu loadingnya lama akhirnya ditinggal pergi?. Aku juga begitu. Kalau lagi searching dan menemukan blog yang cocok. Eh loding nya lamaaa banget. Otomatis langsung aku tinggal pergi. Cari yang loading nya cepat.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut cukup membulatkan tekadku untuk menata template yang sesuai kaidah SEO. Intinya pengen artikel ini lebih cepat sampai ke para momies ini. 


Manfaat Menata Template

Setelah aku selesai menata template di blogku, aku merasakan perbedaan rasa di hatiku. Aku mulai merasakan manfaat-manfaat yang aku dapat dari utak-atik template baru ini. 

  • Semakin Sayang Blog

Hubungannya apa template dengan rasa sayang dengan blog?. Sebenarnya setelah aku mencoba menata template ku, aku jadi semakin sayang dengan blog ini. Rasanya ingin terus menorehkan tulisan di blog ini.

Selain itu, aku jadi semakin paham dan tahu arah kemana blog ini akan berlayar. Goals nya apa, dan cara mencapai tujuannya bagaimana.

  • Belajar Ilmu Baru

Jujurly edit html dan edit tata letak untuk menata template blog adalah ilmu baru yang aku terima. Dunia baru yang sebenarnya aku pun tidak tahu arah. Tapi demi menggapai goals nya mamahebat.com. Belajar menata template sampai pagi pun aku jabanin.

  • Melatih Kesabaran dan Keberanian

Di template kali ini aku memang menggunakan template pihak ketiga. Meskipun sudah mendownload nya tetap perlu menata di html nya serta tata letak nya. Ada yang perlu dihapus, ada yang perlu ditambahkan.

Itu semua harus dilalui dengan kesabaran dan keberanian. Kalau sabar aja ga berani utak-atik code html atau CSS nya ya ga akan tercipta template yang diinginkan.

kalau berani saja dan tidak sabar. Ya pasti ada code yang error, nah gimana dong. Jadi harus dua-dua nya, ya sabar ya berani.

  • Mempermudah User Mengakses Blog Kita

Template yang tertata rapi akan mempermudah user atau pembaca setia blog kita mengakses yang ada di blog kita. Misalkan mau tahu tentang penulis, nah user akan mudah mengenal siapa penulis blog yang ia kunjungi.

  • Di Sayang Google

Siapa disini yang ga mau disayang google ?. Semua orang pasti mau disayang google kan. Nah untuk mencari perhatian Google ini salah satunya dengan template yang SEO friendly. Kalau sudah SEO friendly pasti bisa lebih akrab deh dengan Google.


Langkah-langkah Menata Template Blog

Lantaran ini baru saja aku lakukan, tentu masih hangat-hangatnya kayak nastar yang fresh from oven. Ehehehe. Yahh jadi laper deh.

Ini adalah langkah-langkah secara garis besarnya yang harus diperhatikan untuk menata template. Mungkin tidak banyak code html yang aku tampilkan. Karena dari unduhan template pun sudah disertai tutorial. 
  • Masuk ke website igniel.com. Cari template Fiksioner. FYI for your information, fiksioner ini template yang sudah SEO friendly lho, Penggunaannya dan editingnya mudah. Banyak sekali blogger yang menggunakan template Fiksioner ini.
  • Download template Fiksioner nya.
  • Dalam satu folder V3 Fiksioner tersebut sudah dilengkapi dengan link tutorial nya. Sehingga ini memudahkan momies untuk utak-atik template secara mandiri.
  • Selanjutnya Buka dashboard blog kita.
  • Sebelum memulai menata template, jangan lupa cadangkan terlebih dahulu template yang sebelumnya.
  • Tema - klik di tanda segitiga kebawah - cadangkan
cara mencadangkan blog
  • pastikan file yang di cadangkan ekstensi .xml. Jangan lupa rename agar mudah diingat.
  • Siapkan notepad, sublime text, atau tools apapun yang memudahkan kita dalam menyimpan tulisan kode.
  • Perlu diingat yang rute kita saat menata template adalah di Tata letak dan di Tema ya Momies. Jadi berkutat di dua tempat itu.
  • Pertama kita edit bagian Html nya. sesuaikan dengan tutorial yang ada di Fiksioner. Ditambah dengan Tutorial yang ada di Blogspedia. Beginilah tampilan lembar kerja edit html.
edit html
  • Klik Tema - Klik segitiga terbalik di dekat sesuaikan - Pilih edit html - hapus semua kode yang ada di tampilan tersebut.
  • Buka file Fiksioner lalu Ctrl+A semua code - Ctrl+C - Ctrl+V semua code yang ada di file Fiksioner.
  • Ikuti Alur di Tutorial Fiksioner dan Blogspedia.
  • Siapkan juga meta seo inspector untuk mengetahui hal apa saja yang mungkin perlu di perbaiki. Meskipunn template unduhan sudah siap pakai tapi tetap ada penyesuaian yang harus kita lakukan. 
  • Mungkin aku spill secara ringkas ya yang perlu di ulik tentang fiksioner. Ilmu ini aku dapat dari Coach super multitasking. Terimakasih Coach. Berikut yuk disimak dan dicatat 
  • html lang: ubah kode expr:dir='data:blog.languageDirection'
    expr:lang='data:blog.locale.language'
    menjadi 
  • lang='ID' xml:lang='ID'
    cari kode: <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>, hapus -
    <data:blog.title/>
    Ini adalah code tentang bahasa. Kita disarankan untuk mengubah bahasa Indonesia di Blog kita. 

  • Selanjutnya hapus <!-- Keyword --> beserta dua baris di bawahnya. Ya daripada tidak diisi nanti hasilnya xxxx. 
  • Di bagian <!-- Facebook, Twitter, and Pinterest Meta Tag --> , isi nama akun dan link
    medsos sesuai yang dimiliki. Jika ada salah satu yang tidak punya, bisa di hapus. 
  • Nah ini untuk menambah parameter SEO. Terkait penataan Heading. Jangan sampai saat di cek di Meta Seo Inspector ternyata heading nya berantakan.
    Baiklah cari kode: <h2> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:title'>
    <data:title/></a></h2>
    ada 2 kode seperti ini yang akan ditemukan, hapus kode yang kedua.
  • Ctrl+F - Ketik feedburner , hapus kode terkait feedburner dari <div class='follow-by-email-
    inner'> sampai ke </form></div>
  • Jangan gupuh, tetap tenang. Pahami tutorial dan terapkan.
  • Save semua yang sudah di ulik.
  • Cek penataan nya lagi di Metaseo Inspector. Jika masih ditemukan warna merah yang berupa warning, segera di perbaiki terlebih dahulu. Namun jika tidak ada lanjut ke langkah selanjutnya. 
  • Jangan lupa hilangkan ?m=1 nya. Ini sangat mudah. Tinggal sematkan kode tambahan di <head> isikan code secara lengkap
  • Selanjutnya  cek pagespeed nya dan Seoptimer. 
tampilan seoptimer

  • Nah setelah selesai semua, beginilah tampilan mamahebat.com terbaru. 
menata blog gratisan

Summary

Menata template blog memang membutuhkan waktu yang banyak, bahkan jika diberikan waktu yang banyak pun tetap kurang terus. Karena itulah pelajari terlebih dahulu, siapkan bahan dan alatnya, baru hunting template. Karena google ternyata mempertimbangkan yang SEO friendly ketimbang yang asal-asalan, asal cantik atau unyu dipilih. Tetapi google mempertimbangkan banyak hal salah satunya template yang SEO friendly.

banyak hal yang musti dipelajari lagi, aku pun juga belum sepenuhnya expert dibidang ulik-ulik template. tapi semoga artikel ini bermanfaat ya momies. 
Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

4 comments

  1. Aku setuju banget mbak, pas berhasil permak tampilan blog tuh rasanya puas, hepi, lega dan ada rasa bangga juga, bisa utak atik sendiri. Kalo liat tampilan blog cantik gini emang betul sih, bikin makin saya sama blog sendiri haha

    ReplyDelete
  2. Makasi ya mbak, stepnya dicatet di sini, semoga banyak yang bisa upgrade kayak kita

    ReplyDelete
  3. Sama mbak aku juga mumet bgt sama kode wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Setelah berhasil menerapkan template impian jadi semakin semangat ngeblog ya mba.

    ReplyDelete

Post a Comment