mamahebat.com

Cara Membuat dan Memasang Google Search Console

Post a Comment
cara mensetting google search console

Awal mula menjadi blogger, saat masih newbie sekali aku iseng-iseng buka hasil tulisan artikel ku di browser. Eh ternyata tidak muncul. Kenapa ya ? Padahal sudah riset kata kunci, sudah memperhatikan H1,H2,H3 dan seterusnya. tapi kok anehnya belum muncul.

‘apa salah dan dosaku sayang’, eh kok malah nyanyi.

Ternyata eh ternyata, masalahnya karena aku belum mendaftarkan di Google Search Console. Wah apa itu Google Search Console. Ada yang baru tahu ?.

Google Search Console adalah fitur gratis dari google yang memudahkan blogger agar artikelnya mudah ditemukan di mesin pencari yaitu Google. Momies tidak ingin kan kalau sudah susah payah menulis, eh ternyata tulisannya tidak sampai ke pembaca. Sakitnya tuh disini.

Oke sebelum kita mengetahui cara mendaftar Google Search Console, alangkah lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Google search console dan apa manfaatnya.

Apasih Google Search Console itu?


pengertian google search console


Google search console adalah sebuah tools/fitur/layanan yang bisa kita dapatkan gratis dari google. Layanan yang mampu mempermudah kita mengidentifikasi apa saja yang terjadi di website kita. Manfaat menggunakan google search console untuk website kita sangat banyak. Yuk simak sebagai berikut :

  1. Mengetahui Trafik Website kita
    Mungkin beberapa kali kita akan ingin tahu, seberapa banyak sih yang mengunjungi website kita. Nah, melalui google search console ini kita jadi mengetahui performa trafik website kita.

  2. Mengetahui Kueri yang sering dicari oleh pengunjung
    Jika kamu masih menerka-nerka apa sih yang paling disukai oleh pengunjung, atau kata kunci apa yang paling banyak di ketik di mesin pencarian. Kamu wajib memasang google search console ini. Karena di GSC ini sangat lengkap mulai kueri hingga tayangan di sajikan lengkap.

  3. Bahan Evaluasi
    Jujur aku pun tidak mengetahui mungkin ada yang salah ketika aku menulis artikel, atau ketika aku publish. Melalui GSC ini semua kesalahanku yang mungkin oleh google dianggap robot akan ditampilkan semua dan di berikan pula ruang untuk membenahi kesalahannya. Sehingga artikel ku bisa bersih dan sehat.

  4. Mengetahui Asal pengunjung
    Data pengunjung yang terdeteksi di GSC sangat beragam. Kita bisa mengetahui pengunjung dari seluruh dunia. Kita bisa mengetahui negara mana yang sering mengunjungi website kita sehingga dari situlah kita bisa menspesifikkan blog kita sesuai kebutuhan pengunjung dari negara-negara tersebut.

  5. Memudahkan Google mengenal kita
    Melalui inspect Url yang kita masukkan di GSC membuat google mudah mengenal kita.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari Google Search Console ini. Jadi jangan lupa untuk kamu yang ingin artikel nya sampai ke pembaca setia maka harus rajin-rajin belajar fitur Google Search Console.

Cara Memasang Google Search Console di Blogspot

Sebenarnya ini bukan memasang ya, tapi menautkan antara GSC dengan Blog/website yang kita miliki. Karena mengetahui berbagai macam manfaatnya yang sangat baik untuk keberlangsungan website kita akhirnya banyak juga yang ingin tahu bagaimana sih cara menautkan nya ?. Yuk simak cara-cara berikut ini.

  1. Ketik di browser pencarian https://search.google.com/search-console/about. Klik Mulai sekarang.
    Karena aku dulu sudah pernah coba-coba memasukkan url ku ke GSC maka aku saat itu memilih verifikasi menggunakan domain. Mungkin ditutorial lain akan ada yang menjelaskan verifikasi menggunakan HTML tag, atau apapun caranya yang penting jangan lupa verifikasi ya momies.

  2. Okay setelah memasukkan domainku, www.mamahebat.com. Selanjutnya akan terverifikasi secara otomatis.

  3. Karena verifikasi melalui domain, sehingga tidak ada verifikasi tambahan seperti html tag, dan lain sebagainya.

  4. Untuk cek tampilan verifikasinya. Buka Setelan - Verifikasi kepemilikan - Maka akan muncul verifikasi sudah berhasil.

  5. Langkah selanjutnya menautkan antara GSC (Google Search Console) dengan Google Analytics yang sudah kita buat sebelumnya.

    tampilan verifikasi google search console

    Cara menautkan Google Search Console dengan Google Analytics
  • Buka Google Analytics.
  • Admin - Semua Produk - Penautan produk Google Analytics - Search Console - Tautkan
  • Setelah tertaut kita cek di Dashboard Google Search Console. Caranya buka setelan - Pengaitan Layanan - Layanan teratribusi - Akan muncul bahwa GA kita sudah tertaut.
  • Setelah selesai menautkan Google Search Console dengan Blog dan Google Analytics kita, langkah selanjutnya adalah Mengatur Sitemap di Google Search console.
bagaimana cara mengaitkan google search console dengan google analytics

Cara Mengatur Sitemap di GSC


cara menambahkan sitemap di google search console


Dalam GSC sitemap berfungsi untuk mempermudah google mengcrawl blog kita. Memang banyak sekali cara yang harus kita lakukan untuk bisa di kenal oleh google.

Oke langsung saja caranya sangat mudah.
  • buka Indeks - Peta Situs - Tambahkan Peta situs baru
  • Jangan lupa untuk url yang ditambahkan harus berbentuk .xml.
  • Contoh https://www.mamahebat.com/sitemap.xml - Klik kirim - Tunggu sebentar - Lalu lihat status nya. Pengalamanku sebelumnya aku mengalami kegagalan ternyata karena kurang tulisan ‘www.’ nah untuk temen-temen yang mungkin belum berhasil bisa dikoreksi lagi mengapa kok belum berhasil.
Nah setelah Google Search Console sudah terpasang dan terverifikasi, saatnya momies memasukkan url artikel yang sudah di buat. Mungkin langkah ini bisa di skip. tapi aku lakukan karena aku ingin mengajukan inspect daripada harus menunggu google, karena kita tidak tahu kapan google akan melihat kita.

Cara Inspect Url di Google Search Console

cara mudah inspect url di google search console
  • Inspect url - masukkan link artikel yang sudah dibuat - enter
  • Klik minta pengindeksan - Tunggu dan lakukan hal yang sama untuk artikel-artikel lainnya.

Summary

motivasi untuk selalu belajar

Google Search Console merupakan layanan gratis dari google yang wajib kita pergunakan untuk meningkatkan kualitas dari blog kita. Banyak manfaat yang bisa kita tuai dari GSC ini. Tetap telaten dan sabar dengan setiap tahapannya, semoga momies bisa me-setting Google Analytics, Google Search Console, Google News, dan layanan google lainnya yang banyak manfaatnya untuk kita. Semangat.
Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment