mamahebat.com

Cara daftar Google News dengan Mudah

Post a Comment
bagaiamana cara daftar google news

Beberapa waktu lalu ketika kami sedang membahas google search console di grup whatsapp. Kebetulan coach kami nyeletuk. ‘Kalau saya menggunakan GSC Plus Google News’. Tentu kata yang asing itu langsung menyerbu keingintahuanku. Sampai akhirnya materi tentang Google News terbit aku langsung mengaksesnya.

Sebagai seorang blogger, tak henti-hentinya aku belajar begitu banyak cara agar artikelku bisa terbaca di mesin pencari ‘google’. Mulai mengoptimalkan SEO, memperhatikan tampilan, memperhatikan susunan/struktur kata dan masih banyak lainnya.

‘Banyak Jalan Menuju Roma’. Nah mungkin itulah peribahasa yang cocok untuk disematkan bagi para blogger yang belajar ini itu segala printilan tentang SEO dan bagaimana cara dikenal oleh google. Begitupun belajar tentang google news.


Aku kira itu hanya berisi berita-berita yang hanya bisa di publish oleh media-media tertentu. Eh ternyata kita pun bisa lho menjadi publisher nya. Keren kan?. Oke yuk simak apa saja keuntungan mendaftar Google News dan bagaimana cara mendaftarnya.


Google News dan Manfaatnya untuk Blogger

apa itu google news

Google news atau jika dalam bahasa Indonesia memiliki arti Google Berita adalah salah satu program dari google yang ingin memanjakan penggunanya menikmati berita ter-update, ter-percaya serta ada layanan personal content untuk meng-setting berita apa saja yang sesuai serta yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Bagi para blogger sepertiku, sangat penting kita menggunakan program ini. Karena jika tulisan kita dinilai google berkualitas dan sesuai dengan apa yang di cari oleh pengunjung maka ‘ada kemungkinan’ tulisan kita bisa page one lebih cepat.

  • Mudah Terindeks Google

Sebagai seorang blogger. Melihat artikel mampang di Page One itu sebuah kerja keras. Memikirkan konten yang berkualitas juga menyetok kata kunci yang relevan. Itu saja tidak cukup. Maka dengan bantuan google news ini, ada secercah harapan agar artikel yang kita tuliskan bisa lebih cepat sampai ke pembaca.

  • Bertambahnya Jumlah pengunjung

Melalui fitur personalized content, Google news mampu mengantarkan pengunjung lebih cepat menuju ke artikel yang kita miliki. sesuai dengan apa yang mereka mau dan apa yang mereka butuhkan. Dan, tentunya pembaca akan senang karena konten yang kita sajikan berkualitas.

  • Media Branding Blog

Jika artikel kita di nilai berkualitas oleh google, maka akan mudah sekali google merekomendasikan pembaca yang lainnya untuk mengunjungi blog kita. Dan ‘ada kemungkinan’ juga kita dianggap ahli dibidang tersebut.

Tentu tak lepas dari seni ilmu SEO yang sudah dipelajari dan diterapkan. Semua yang sudah dipelajari tetap berguna untuk membuat artikel yang berkualitas dan sesuai kriteria google.

Dan uniknya, google news ini sudah digunakan hampir ratusan pengguna yang menginstalnya melalui play store, sehingga update yang di tampilkan lebih cepat. apalagi jika kita hobi sekali menulis berita yang sedang trending.

Serba-serbi berkarya di Google News

Jika anda ingin berkarya di Google news, inilah yang harus anda siapkan. 

Intinya anda harus memiliki blog yang selalu menyajikan berita ter-update.
  • Buatlah konten yang berkualitas
Konten yang bisa menjawab kebutuhan pembaca. Karya orisinil dan tidak plagiasi
  • Usahakan fokus ke satu jenis berita
Kalau aku memilih kategori gaya hidup wanita. Karena berdasarkan nama blog ku yang menyiratkan seorang ibu-ibu sehingga aku memilih satu kategori yang relevan.
  • Perhatikan Struktur blog
Mungkin ini juga merupakan PR untukku. Tapi sebagai seorang blogger sangat diwajibkan untuk memahami struktur blog nya. Mulai penulisan judul, subjudul, hingga symbol bulleting and numbering.
  • Sajikan visual yang responsif
Visual dalam sebuah artikel sangat diperlukan. Tapi perhatikan ukuran dan responsifnya. Karena pembaca akan kabur jika blog kita tidak responsif.

Baiklah, daripada semakin penasaran. yuk kita segera mendaftar Google News. Caranya mudah sekali.

Cara mendaftar Google News


cara mudah daftar google news
  1. Sebelumnya siapkan foto/logo yang berukuran 512x512
  2. Setelah itu siapkan Banner 1000x1000 atau banner yang sudah anda pasang di tampilan blog juga boleh. Untuk gambar yang ini siapkan berbackground gelap dan terang.
  3. Gunakan email yang sama yang digunakan untuk Google Analytics dan Google Search Console.
  4. Klik Google News. Atau Publishercenter.google.com.
  5. Klik Tambah Publikasi
  6. Isi Seluruh data sesuai diri sendiri
  7. Nama - Situs - Lokasi
  8. Centang kotak kecil, dan klik tambah publikasi
  9. Klik Setelan publikasi
  10. Ada Umum dan gaya visual
  11. Di tampilan Umum isikan Bahasa utama - lokasi - verifikasi dengan google search console - isilah kontak dengan email anda
  12. Di tampilan gaya visual isikan gambar-gambar yang telah disiapkan di awal tadi
  13. Save
  14. Kembali ke halaman beranda
  15. Klik ‘Google berita’
  16. Klik edit
  17. Lengkapi data
  18. Ada tiga kategori yang harus dilengkapi. Umum, setelan data dan publikasi.
  19. Umum - isikan semua data sesuai dengan blog anda
  20. Pada Setelan Konten - Rubrik - Feed - isikan RSS seperti berikut ini- https://www.namablog.com/feeds/posts/default?alt=rss untuk blog yang sudah TLD
  21. Grup Akses isikan nama blog dan Tambah akses isikan alamat email anda.
  22. Tinjau dan publikasi - tinjau kembali apakah data yang dimasukkan sudah benar.
  23. Tampilan Pratinjau - Refresh terus menerus untuk melihat kumpulan artikel.
  24. Save dan Publikasi
  25. Jika sudah, maka status nya akan Sedang ditinjau
  26. Tunggu 1 - 2 minggu untuk tayang.
  27. Dan tampilan nya ketika tayang seperti berikut
tampilan google news

Oke, mudah banget kan mendaftar google news. Yuk segera daftarkan blog mu ke Google news agar banyak manfaat yang bisa diraksakan. Selamat mencoba.


Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment