mamahebat.com

Pantai Ngudel, Rekomendasi Pantai Ramah Anak di Malang

Ingin ke tempat wisata, tapi si kecil terkadang tidak kondusif ? Sama moms. Aku pun sangat ingin healing ke tempat wisata tapi apalah daya selalu berakhir dengan pindah momong saja, capeknya dua kali


Nah tapi, ada salah satu tempat wisata yang cukup membuat anakku anteng dan terkondisi alias kondusif. Wisata ke pantai Ngudel di Malang Selatan. Ramah anak, ramah di kantong dan hati senang bahagia penuh syukur. Yuk simak artikel selengkapnya. 

Pantai Ngudel, Pesona Alam yang Menakjubkan

Pantai yang berlokasi di desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang ini memiliki pesona alam yang memukau. Meskipun pantai ini termasuk pantai yang baru, tapi keindahannya sudah mulai dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Memiliki ombak yang tenang, pemandangan pohon cemara laut dan hamparan pasir putih yang bersih, pantai Ngudel sangat recommended bagi orangtua dan anak-anak untuk berlibur dan melepas penat. 

Kalau saya, biasanya hampir 3 jam perjalanan untuk menuju ke pantai Ngudel. Dengan estimasi jarak 71,4 km dari tempat tinggal saya. Akses menuju pantai yang memang tidak begitu baik (jalan masih rusak) tapi jika anda sudah sampai ke Jalur lintas selatan, jalanan nya sudah bagus dan halus. 

Saya menikmati pantai Ngudel ini mulai dari jam 3 sore hingga jam 6 sore. Di jam tersebut, panas matahari masih di batas hangat (cerah tidak terlalu panas), ombak nya tenang, serta kita juga dapat menikmati pemandangan hutan pohon cemara laut di pantai ini. 

Tiket masuk nya pun sangat terjangkau hanya Rp. 10.000/orang dan parkir mobil hanya Rp. 15.000 saja. Sangat murah untuk membeli pemandangan dan keseruan di pantai ini. 

Fasilitas yang di miliki pantai Ngudel hampir sama dengan fasilitas umum di pantai lainnya. Misalkan musholla, kamar mandi, rumah makan (warung), tempat sampah, dan lain sebagainya. Hanya saja, dipantai ngudel terdapat pohon cemara laut yang sangat indah, sehingga suasana di pantai ini tidak terlalu panas. Pengunjung ada space untuk berteduh. 

Tips Liburan di Pantai Ngudel Saat Weekdays 



Tips untuk mempersiapkan barang apa saja yang harus dibawa ketika berlibur di Pantai Ngudel Malang saat weekdays alias hari kerja. Tahukah anada ketika hari kerja kondisi pantai sangat super sepi sekali. Bisa jadi anda adalah pengunjung satu-satunya. 

Situasi tersebut membuat saya merangkum beberapa hal yang bisa anda persiapkan untuk liburan di pantai Ngudel saat weekdays. 

1. Pastikan kondisi kendaraan anda prima

Perhatikan mulai kondisi ban, rem, kelistrikan dan bahan bakar. Karena di dekat pantai sangat jarang ditemukan bengkel dll. Terakhir ke pantai, kondisi ban mobil kami ternyata bocor. Alhamdulillah kami menyadarinya saat di jalan (di kota snagat jauh dari pantai). Sehingga menjadi pembelajaran bagi kami untuk selalu cek kondisi mobil/kendaraan yang akan anda pakai ke pantai.

2. Jika anda berlibur pada hari biasa (weekdays) usahakan membawa makanan dari rumah

Pertama kali saya bermain ke pantai Ngudel, bertepatan dengan hari biasa. Betapa kagetnya saya ketika tidak ada warung yang buka. Semuanya tutup. Saat itu kami tidak membawa persediaan makanan yang cukup. Hanya beberapa snack yang bisa untuk mengganjal perut hehehe. Akhirnya liburan kedua dan seterusnya kami selalu memeprsiapkan makanan dari rumah. Mulai nasi, lauk, buah, camilan, air minum dan lain sebagainya. 

3. Alat kebersihan yang lengkap

Mungkin anda harus mempersiapkan beberapa alat kebersihan seperti lap kotor, penebah, sapu kecil. Alat ini untuk membersihkan pasir pantai dari mobil anda. Tentu setelah seharian bermain di pantai ketika selesai anda ingin segera pulang. Namun, jika anda tipe orang yang memeprhatikan kebersihan anda akan risih jika terdapat banyak pasir pantai yang masuk di mobil anda. 

4. Alat membersihkan diri

Setelah bermain seharian di pantai tentu anda ingin membersihkan diri sebelum pulang. Anda bisa mempersiapkan sabun mandi, shampoo, handuk bersih, tempat baju kotor, tisu kering dan tisu basah. 

Jangan lupa membawa baju bersih dan keperluan diapers anak anda ya. 

5. Membawa tikar 

Alas untuk duduk bisa berupa tikar atau matras ya moms. yang penting membawa alas untuk duduk ataupun hanya sekedar tidur. Karena jika anda ke pantai di hari biasa, kemungkinan warung yang menyediakan persewaan tikar tutup. 

6. Membawa alat sholat/alat ibadah 

Di pantai memang ada mushola nya, tapi menurutku jauh dan kotor. Sangat aman jika kita membawa alat ibadah kita sendiri. 

Pantai Ngudel adalah pantai yang sudah berkali-kali saya kunjungi sekeluarga. Karena pemandangan dan suasana nya sangat tenang, plus juga sangat ramah anak. Jika anda memmiliki toddler dan ingin berlibur ke pantai, Pantai Ngudel adalah destinasi wisata yang sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga. 

Oh iya, saya juga sempat membuat kompilasi video nya lho, boleh di intip yaaa keseruan kami. 






Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment