mamahebat.com

Cegah Cacar Monyet dengan Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

3 comments
Hallo Bunsay, bagaimana kabarnya ? Semoga selalu diberikan kesehatan yaaa Bunsay.

Karena bumi kita masih belum sesehat kala itu. Bumi kita masih tahap pemulihan pasca virus Covid 19 yang menyerang hampir seluruh belahan dunia ini termasuk Indonesia.

Kemunculan virus tersebut pasti tidak serta merta hadir tanpa dipicu sesuatu hal. Jika kita melihat sedikit kebelakang. Menurut para ahli, virus Covid – 19 yang sempat menyerang bumi kita kala itu berasal dari satwa liar seperti kelelawar. So, Bunsay wajib berhati-hati dengan hewan apapun yang bisa jadi memicu timbulnya penyakit menular.

Seperti saat ini, virus Cacar Monyet atau Monkeypox kembali merebak diberbagai negara. Pada Senin, 27/6/2022. Ni Luh Putu Pitawati yang merupakan dokter spesialis di RSPI Sulianti Saroso mengungkap “Yang dilaporkan di luar negeri hingga saat ini, kasus kematian cacar monyet lebih banyak ditemukan pada anak-anak yaitu sebesar 10 persen," ungkapnya saat mengisi konferensi virtual.

cacar monyet dan asal-usulnya




Lalu, apa sih sebenarnya cacar monyet itu? Apa saja penyebabnya ? dan Bagaimana mencegahnya?

Cacar Monyet Monkeypox

Cacar Monyet adalah virus zoonosis yang bisa menular karena interaksi hewan dengan manusia. Saat virus ini sudah menjangkit di tubuh manusia akan mudah sekali penyebarannya dari satu manusia ke manusia lainnya. Hampir mirip dengan virus-virus seperti biasa termasuk virus Covid-19.

Sebenarnya, awal mula terjadi cacar monyet di tahun 1953. Cacar monyet menjangkit hewan-hewan yang dijadikan penelitian di salah satu laboratorium di Denmark. Namun, kemunculannya menjadi berbeda saat virus cacar monyet menjangkit seorang anak di kongo pada tahun 1970.

Virus cacar monyet berpindah-pindah dari satu orang ke orang lain. Dan menurut para ahli virus ini berbahaya untuk anak-anak. Virus ini dapat menyebabkan kematian pada anak-anak yang daya tahan tubuhnya lemah. Meskipun begitu, virus cacar monyet ini tidak hanya menyerang anak-anak, orang dewasa pun ada kemungkinan terjangkit virus cacar monyet ini.

Seperti dilansir dari Liputan6.com, WHO telah mencatat sekitar 3.200 kasus cacar monyet monkeypox di 48 Negara. Sehingga saat ini pemerintah tengah berupaya mengantisipasi masuknya cacar air ini di Indonesia, dan mengimbau masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.

Cara Mudah Mengenali Gejala Cacar Monyet


mengenali gejala cacar monyet sejak dini

Cacar monyet adalah virus yang sedang merebak di berbagai negara karena kasusnya yang menyerang secara cepat pada anak-anak. Oleh karena itu penting sekali bagi kita mengenali gejala yang ditimbulkan virus cacar monyet sedini mungkin. Agar pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Gejala cacar monyet
  1. Muncul bintil berair
  2. Selang bebepa hari bintil berair berubah menjdi bintil bernanah
  3. Pembengkakan kelenjar getah bening
  4. Muncul benjolan di sekitar leher, ketiak dan selangkangan
  5. Demam tinggi diatas 48.5°
  6. Tubuh terasa letih
  7. Lemas tak bertenaga
  8. Tubuh mulai merasa menggigil
  9. Sakit kepala
  10. Mialgia (Nyeri otot)
Gejala ini biasanya dapat berlangsung selama hampir 3 hari, setelah itu ruam akan muncul di wajah dan menyebar ke seluruh bagian tubuh lain.

Cara Mencegah Cacar Monyet

Umumnya cacar monyet terjadi pada anak-anak yang belum mendapatkan vaksinasi, anak-anak dengan daya tahan tubuh yang lemah, orang yang tinggal di negara-negara endemis atau daerah dengan sanitasi yang buruk.

Kemunculan virus cacar monyet ini menjadi peringatan bagi kita semua agar selalu menciptakan sanitasi yang baik. Karena akan membawa dampak yang luar biasa juga untuk kesehatan.

Salah satu cara untuk mencegah munculnya cacar monyet ini adalah dengan menerapkan Perilaku hidup bersih dan sehat di rumah. Karena virus cacar monyet ini terjadi salah satunya diakibatkan oleh sanitasi yang buruk.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah


perilaku hidup bersih di rumah untuk mencegah cacar monyet


Perilaku hidup bersih dan sehat di rumah memiliki banyak seklai manfaat. Baik untuk kondisi kesehatan tubuh, juga untuk kondisi kestabilan ekonomi. Sehingga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah sangat penting sekali dilakukan semua anggota keluarga dan masyarakat.

Kira-kira apa saja contoh perilaku hidup bersih di rumah

1. Menjaga Pola Makan

Mengganti makanan dengan realfood. Sayur , buah, ikan, daging dan makanan yang bergizi. Tidak lupa, perhatikan tingkat kematangan saat memasak ikan ataupun daging. Perhatikan cara memasak juga, agar nutrisi yang terkandung dalam makanan bisa tersalurkan dengan baik ke dalam tubuh kita.

2. Mencuci tangan sebelum Memasak

Mungkin seringkali terlupakan mencucui tangan sebelum memasak sangat penting. Tapi, bukan hanya tangan saja, melainkan perabotan dapur harus bersih selain itu sayur dan bahan masakan lainnya juga harus bersih.

3. Mencuci tangan, kaki, wajah menggunakan sabun setelah bepergian

Terkadang kita tidak tahu telah memegang apa, menghirup apa, atau kita tidak tahu virus apa yang menempel di badan kita setelahs eharian bepergian di luar rumah. Maka wajib sekali sebelum memasuki rumah sebaiknya mencuci tangan, kaki, wajah.

Sediakan wastafel sederhana yang di letakkan di depan rumah dekat taman agar air nya dapat pula mengairi taman anda.

4. Olahraga yang teratur

Selain menjaga pola makan, cara memasak, pun kita harus menjaga tubuh dengan olahraga yang cukup. Seperti kata pepatah, mens sana in corpora sano yang artinya didalam tubuh yangs ehat terdapat jiwa yang kuat.

5. Menerapkan perilaku 3M. Menguras, Menutup dan Menimbun.

Singkatan dari 3M, antara lain:

1) Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain

2) Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan

3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

6. Menciptakan Sanitasi yang baik

Memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan hal-hal yang mudha dilakukan. Misalnya membatasi bersentuhan, membatasi meminjamkan barang pribadi yang memungkinkan terjadi perpindahan virus, mencuci tangan dan lain sebagainya.

7. Menerapkan Anjuran PHBS rumah tangga

Program kesehatan yang sering di sosialisasikan oleh pemerintah dinas kesehatan terkait perilaku hidup bersih dan sehat di rumah. PHBS di Rumah Tangga dilakukan untuk mencapai Rumah Tangga ber PHBS yang melakukan 10 PHBS yaitu :
  1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
  2. Memberi ASI ekslusif
  3. Menimbang balita setiap bulan
  4. Menggunakan air bersih
  5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
  6. Menggunakan jamban sehat
  7. Memberantas jentik dd rumah sekali seminggu
  8. Makan buah dan sayur setiap hari
  9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
  10. Tidak merokok di dalam rumah

Summary

Kemunculan virus cacar monyet atau monkeypox memang tidak bisa di anggap sepele karena akibat yang ditimbulkan sangat serius apalagi jika cacar monyet menjangkit anak-anak yang daya tahan tubuhnya lemah atau juga orang-orang yang tidak menjaga kesehatan serta kebersihan. Menjaga kesehatan dengan hidup bersih dan sehat di rumah adalah salah satu solusi untuk mencegah kemunculan cacar monyet di lingkungan sekitar. Maka, diperlukan kesadaran penuh pribadi masing-masing untuk saling menjaga dan merawat bumi ini agar tetap sehat dan baik-baik saja.

Semoga kita semua selalu dilindungi Allah, selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Aamiin. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share dan comment ya agar semua orang tahu dan menjadi paham tentang virus cacar monyet ini.











Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

3 comments

  1. menjaga kebersihan dan pola hidup sehat memang kunci utama aman dari segala penyakit ya mba :)

    ReplyDelete
  2. olahragaku sering terlewat mba, padahal bisa bikin badan jadi seger ya mba...

    ReplyDelete
  3. aamiin, semoga kita diberi kesehatan, aset yang tak ternilai ini, virus penyakit semakin banyak saja saat ini

    ReplyDelete

Post a Comment