mamahebat.com

Yuk Simak! 5+ Manfaat Mengenalkan Buku Sejak Dini

Assalamualaikum Momies. Bagaimana kabarnya ? semoga sehat selalu ya.

Mumpung akhir pekan, aku mau berbagi cerita nih tentang rutinitasku bersama si kecil ketika akhir pekan.

5 manfaat mengenalkan buku sejak dini

Sebagai mama muda yang baru pertama kali dianugerahi anak. Aku sedang senang-senangnya berbagi apapun yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak dan sederet kegiatan bersama anak.

Kira-kira akhir pekan ini sudah ada rencana berkegiatan apa bersama si kecil momies? Kalau belum ada ide, mungkin artikel ini dapat membantu momies menemukan ide kegiatan bersama si kecil. Yuk simak!

Rutinitas Membaca Buku

cara mencontohkan rutinitas membaca buku

Rutinitas adalah kegiatan yang di lakukan setiap hari, terjadwal dan disepakati. Biasanya kalau terlewat akan terasa gimana gitu dihati hehe.

Ketika memiliki buah hati, rutinitas kita akan bertambah ke rutinitas menjadi orangtua. Menjadi orangtua baru memang tidaklah mudah. Harus dapat menjalankan dan menciptakan rutinitas yang baik di keluarga nya. Apalagi ketika sudah ada si kecil.

Menciptakan rutinitas yang baik untuk si kecil dapat dimulai dari ia baru lahir hingga dewasa. rutinitas positif inilah yang berperan penting untuk mengawal tumbuh kembang anak dalam pembentukan karakter.

Membaca bersama anak adalah salah satu rutinitas positif yang dapat diciptakan sejak anak masih bayi. Membaca bersama anak juga merupakan rutinitas yang dapat di lakukan dimanapun dan kapanpun.

Awal mula aku menyukai buku tentu dari sebuah rutinitas juga. Saat itu sekolah ku baru pertama kali memiliki perpustakaan. Perpustakaan sekolahku kala itu bergabung dengan ruang kelas. Jadi bisa dibayangkan sempitnya perpustakaan sekolahku kala itu.

Meskipun terbilang sempit, tapi koleksi buku yang ada di perpustakaanku kala itu sangat lengkap lho. Mulai dari ensiklopedia, buku pengetahuan umum dan pengetahuan islam.

Singkat cerita, mulai hari itu aku mulai menyukai rutinitas membaca buku. Setiap hari aku sempatkan membaca buku di perpustakaan sekolahku. Dan rutinitas itu akhirnya menjadi kebiasaan yang aku bawa hingga menjadi seorang mama.

Tips Mengenalkan Buku Pada Anak Usia Dini

tips mengenalkan buku pada balita

Pada dasarnya anak-anak itu secara basicly mulai usia golden age hingga dewasa, mereka semua selalu membutuhkan role model yang baik. Ketika kita mengetahui basicly seorang anak, maka kita semakin mengetahui juga bagaimana mengenalkan dan mengarahkan anak.

Sebenarnya bayi baru lahir pun sudah bisa di beri buku. Buku untuk bayi biasanya dinamai dengan soft book atau buku bantal. Buku ini memuat berbagai pengenalan warna. Untuk usia newborn biasanya hanya ada warna hitam putih. Buku ini aman dan tidak mudah sobek, karena terbuat dari kain yang bisa di cuci.

Menginjak usia 2 bulan atau lebih, anak bisa diberikan board book. Buku ini terbuat dari kertas yang sangat tebal menyerupai papan. Tidak mudah sobek dan anti air. Buku penuh warna yang biasanya memuat cerita-cerita yang membangun karakter anak.

Banyak sekali buku anak yang bisa kita gunakan untuk mengisi rutinitas membaca bersama anak. Melalui membaca buku, anakku jadi mengetahui banyak hal. Mulai hewan, bunga, pohon, angka, dan lain sebagainya.

Saat mulai mengenalkan buku pada anakku, ketika itu ia sudah berusia 9 bulan. Ia sudah bisa duduk, dan menunjukkan ketertarikannya dalam membaca. Akhirnya aku mencoba membelikan ia buku kumpulan hewan dan tumbuhan.

Tak disangka, ternyata ia semakin tertarik untuk mengetahui. Ia buka-buka bukunya. Ia bisa membuka lembaran-lembaran buku secara urut. Lalu ia mulai aku ajak berkomunikasi dan aku tunjukkan ini dan itu.

Rutinitas itu akhirnya menjadi rutinitas yang kami lakukan sehari-hari. Kami mencontohkan dan anak menirukan. Begitu seterusnya. Hingga kini ia sudah mengenal buku-buku miliknya dan mengetahui letak buku nya dimana.

Kedekatan kami semakin terjalin saat ia beranjak ke usia 13 bulan. Ia mulai menambah kosakata nya. Bunga, semut, pohon, kupu-kupu dan lain sebagainya. Seiring bertambahnya usia. Ia mulai bisa merangkai kata-kata tersebut. semua bersumber dari buku yang ia punya.

Sekarang usia nya sudah 20 bulan. Ia sudah paham cara merawat buku, ia pun juga tidak pernah menyobek atau mencoret-coret buku miliknya. Mungkin inilah salah satu contoh rutinitas yang melahirkan karakter seorang anak.

5+ Manfaat Mengenalkan Buku sejak Dini

manfaat mengenalkan buku pada anak usia dini

  • Menstimulasi Fungsi Otak Anak

Mengenalkan buku sejak dini dapat memberikan rangsangan terhadap otak anak sehingga fungsi otak dapat berjalan semaksimal mungkin. Melalui membaca bersama anak, anak akan menambah wawasan yang telah ia dapatkan dari buku. Mungkin ada hal yang belum diketahui anak, akan lebih mudah diketahui nya.

  • Menstimulasi Tingkat Konsentrasi Anak

Ketika anakku masih bayi, aku beri ia buku sederhana tentang hewan dan tumbuhan. Reaksi awal ia hanya tertarik dengan warna-warna nya tapi selang beebrapa detik ia semakin fokus ke gambarnya. Hingga sekarang sudah balita, ia lebih fokus ketika membaca buku.

  • Menggugah Rasa Ingin Tahu Anak

Buku-buku memiliki tema-tema tertentu yang akan menggugah rasa ingin tahu anak. Baik segi judul, cover, dan isi. Anak-anak akan tertarik untuk eksplorasi dengan buku-buku yang sesuai dengan usia nya.

  • Meningkatkan Kreativitas Anak

Terdapat ilustrasi menarik yang itulah menjadi fokus anak dalam mengembangkan kreativitasnya.

  • Mengetahui Minat Anak

Ketika anak mengenal buku sejak awal. Kita jadi mengetahui minat apa yang sesuai dengan anak. Ia akan menunjukkan ketrtarikannya pada suatu hal yang membantu kita menganalisis hal yang disukai nya.

  • Meningkatkan Kosakata Anak dan Kemampuan Berbicara

Mengenal buku sejak dini membuat tabungan kosakata anak semakin banyak. Apalagi jika kita lengkapi dengan rutinitas diskusi bersama anak. Hal ini juga berpengaruh dengan karakternya. Ia lebih bisa mengendalikan diri dan lebih mudah diarahkan ketika tantrum.

Mengawal Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

mengawal tumbuh kembang anak tanpa terlewat



Dalam mengawal tumbuh kembang anak kita sebagai orangtua seringkali merasa cemas. Apakah sudah lengkap ? apakah masih ada yang terlewat ?. Mungkin bukan dari segi rutinitas membaca, rutinitas montessori, atau rutinitas yang menunjang lainnya. Orangtua juga sangat perlu memastikan asupan anak tercukupi. Baik asupan makan padat gizi juga vitamin alami yang dapat megawal tumbuh kembang anak.

Saat aku sedang mencari - cari vitamin untuk anakku. Dalam benakku bertanya-tanya vitamin apa yang sesuai dengan anakku ? vitamin untuk tubuh dan sebagai nutrisi untuk kecerdasan otaknya? yang memiliki bahan alami dan tidak ada efek samping ? terlebih yang sudah BPOM dan bersertifikat Halal MUI?

Yaps akhirnya aku menemukan Generos, vitamin anak alami untuk menutrisi kecerdasan otak . Cocok sekali untuk mengawal tumbuh kembang anak agar lebih maksimal. 

Aku baca setiap hal tentang generos, agar aku benar-benar yakin bahwa generos adalah vitamin yang sesuai untuk anakku. Ternyata semakin mengenal, semakin yakin untuk memilih Generos. Manfaat Generos banyak sekali, Selain untuk menutrisi otak anak, generos juga dapat mengatasi gangguan speech delay atau terlambat bicara, anak autis, dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Generos di buat dari bahan pilihan yang alami dan aman untuk dikonsumsi anak-anak. Selain itu, cara mengkonsumsinya sangat mudah. Bisa diteteskan langsung di lidah anak atau bisa juga di larutkan dalam air hangat. Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh generos. Dan juga, cara mendapatkannya pun mudah. Generos dapat di order melalui shopee, lazada, tokopedia dan website official generos.

Para momies pasti langsung ngecek tentang Generos ya ? Jangan hanya di cek momies, segera checkout dan rasakan banyak manfaat dari Generos untuk nutrisi terbaik sang buah hati.

Summary

Dalam mengawal tumbuh kembang anak. Banyak faktor yang perlu diperhatikan. Rutinitas dan asupan sangat penting untuk masa-masa golden age anak. Rutinitas tersebut dapat berupa bernyanyi, membaca buku bersama, bermain, dan masih banyak contoh rutinitas lainnya. Sedangkan untuk asupan, selain makanan padat gizi, anak juga memerlukan Vitamin penunjang untuk menutrisi otak nya. Seperti Generos, vitamin anak berbahan dasar alami dan aman untuk dikonsumsi anak-anak.  Generos juga berlabel BPOM, dan bersertifikat halal. Tunggu apalagi momies? yuk segera miliki Generos untuk nutrisi anak-anak kita.



Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment