mamahebat.com

Seru ! Belajar Business Intelligence (BI) in Indonesia Industry - Digitalent

Post a Comment


Udah ada yang pernah tau belum tentang Digitalent Scholarship. Sebenarnya aku sudah mengetahui sejak lama, tapi belum benar-benar mengikuti kegiatannya.

Ternyata ini program dari kominfo yang kereeeennn banget lho. 

Awal 2023 ini, sudah sangat happening sekali segala hal berbau digital. Sehingga aku pun mencoba mencari berbagai macam pelatihan yang sesuai dengan minatku. 




Lalu aku ingat, kalau dari kominfo memiliki program digital talent scholarship. Langsung meluncur ke instagram nya dan aku kepo-in semua informasinya. 

Aku mulai kenalan juga dengan program-program di setiap perminatan. Program dari pemerintah yang menurutku banyak sekali manfaatnya. 

Manfaat Mendaftar Digital Talent Scholarship 

1. Pelatihan Gratis 


Pelatihan yang diadakan di digitalent ini tidaj dipungut biaya sepeserpun, alias Gratisssss. 

2. Materi Update 

Materi nya update banget selalu menyesuaikan dengan kebutuhan tentang digital di masa sekarang. Rangkaian silabus nya juga terperinci dan jelas. 

3. Instruktur Berkompeten 

Instruktur di digitalent ini juga seorang yang ahli dibidang nya. Semua materi sangat bervalue.

4. Bebas Ruang dan Waktu 


Meski jadwal nya sudah ditentukan, kamu bisa memilih pelatihan berbasis online yang bisa menyesuaikan tempatmu. 

5. Dapat Sertifikat 

Gratis, bermutu, instruktur kompeten, dapat sertifikat jugaaaa. Wah banyak sekali nilai plus plus dari ikut program digitalent ini. Sertifikatnya pun bisa nasional maupun internasional. Menarik banget kan. 

Nahhh.. banyak banget kan manfaat nya mendaftar sebagai peserta di Digital Talent Scholarship ini. 

Chit-Chat, Belajar Business Intelligence in Indonesia Industry bersama Digitalent


Kemarin sore (13/02/23), aku mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Pro-A dari Digitalent juga. Kegiatan yang diberi judul Chit-chat ini sebenarnya adalah semacam sharing session. Acaranya seruuu,  dimulai pukul 15:05 hingga pukul 16:00 dan bisa di akses dengan mudan melalui zoom ataupun live youtube. 

Alasan aku mengikuti kegiatan ini karena sekarang tuh lagi happening sekali tentang analisis data, dan yang berhubungan dengan itu. Data adalah sumber dari segala sumber perusahaan menentukan arah kesuksesannya. 

Nah, aku pun baru tahu tentang business intelligence ini. Karena aku ini memang tidak pernah berkecimpung sama sekali di bidang analisis data perusahaan, atau bekerja di bagian tersebut. Aku jadi banyak tahu tentang bagaimana sebuah data itu sangat penting dan berpengaruh di sebuah perusahaan. 

Materi di awali dengan perkenalan pemateri. Kak Wanda Kinasih, seorang yang saat ini bekerja sebagai lead BI untuk customer platform data team ini memang memiliki basic di bidang ilmu komputer. Beliau mengenyam pendidikan sarjana maupun magister di Universitas Indonesia dengan jurusan yang linier yaitu ilmu komputer. 

Setelah selesai pengenalan, kak wanda mulai memaparkan materi nya. Pernah tidak kita ngeuh dengan succes stories yang di lakukan perusahaan besar ?. Ternyata kuncinya perusaahn tersebut tidak asal-asal dalam menentukan keputusan. Berangkat dari sebuah data, lalu di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan keputusan yang bisa di relefansikan dengan baik. 

Misalkan amazon, mereka melakukan percepatan pengiriman dan pengelompokkan produk. Atau coca-cola mereka melakukan optimisasi workflow dan performa team. Dan masih banyak lagi perusahaan yang masih bisa bertahan karena menganalisis data dengan baik. 

Pembahasan yang di jelaskan seputar (masalah pada data, business intelligence, dan tips job hunting). 

Kesimpulan yang dapat aku ambil adalah, bahwa mengapa sebuah perusahaan membutuhkan business intelligence ? Karena perusahaan sangat membutuhkan team yang mampu mengolah data (dari mentah hingga dapat di analisis). 

Kemampuan BI ini memadupadankan ilmu programing, kalkulus, algoritma, dan masih banyak lainnya. Karena mengolah data itu ternyata seribet itu. Dan, sumber daya manusia nya saat ini masih sangat terbatas. 

Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika kita memilih menjadi seorang business intelligence ? 

Role dalam BI ini dibagi dua. Engineers dan Analyst. Engineers kamu harus menguasai (data warehouse, extract-transfer-load), data governance). Berbeda dengan analyst, sebagai analyst kamu harus menguasai data visualization, experiment, data analytict. 

Untuk kamu yang serius ingin apply menjadi seorang BI, kak wanda memberikan tips and trick nya. 

1. Evaluasi setiap learning path di setiap role. Karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Tetap percaya diri dan cantumkan sedetail mungkin pengalaman kerja atau pelatihan yang relevan di bidang tersebut.

2. Belajar, belajar, belajar. Karena belajar memang sepanjang hayat. Jangan berhenti belajar karena ilmu itu terus berkembang. 

3. Bangun Portofolio

4. Bangun relasi dengan rekan dibidang yang sama. Sharing dengan teman itu sangat penting. Apalagi jika memiliki minat yang sama. 

5. Konsisten.

Menjadi seorang BI team memang tidak mudah. Membutuhkan ketelitian, logika, dan kemampuan lainnya. Yuk mulai persiapkan berkarir menjadi business intelligence dengan mengikuti serangkaian kegiatan di Profesional Academy by Digital Talent Scholarship - Kominfo. 

Sekian dulu ya rangkuman sharing session bersama kak wanda, jumpa lagi di lain waktu. 



Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment