mamahebat.com

Online Summer Camp Bersama EIC Education dan Beijing Institut Technology 100% GRATIS!


Berawal dari adek tingkat share informasi tentang Summer Camp secara Online. Aku mencoba mendaftar dan ikut. Selain dilaksanakan secara Online, kegiatan ini 100% Gratiss guyss. Itulah mengapa aku langsung gercep submit. Kapan lagiii kita dapet pengalaman Online Summer Camp secara Gratis. Artikel kali ini aku akan berbagi pengalaman selama Online Summer Camp. Mau tahu keseruannya? Baca sampai akhir ya. 

Apasih Summer Camp Itu ? 



Mungkin istilah summer camp sudah tidak asing lagi ya di telinga kita semua. Summer camp adalah kegiatan yang dilaksanakan ketika musim liburan musim panas. Kegiatan yang diisi dengan belajar dan mengenal lingkungan. Kegiatan ini biasanya dilakukan diluar jam sekolah dan diluar rumah serta waktu kegiatan beberapa minggu, maka di sebut 'camp' atau kegiatan yang tinggal di luar rumah. 

Tujuan dari summer camp adalah memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan di luar lingkungan sekolah atau rumah. Camp ini biasanya dilakukan di tempat-tempat alam seperti hutan, gunung, dan danau, di mana peserta dapat terlibat dalam kegiatan luar ruangan dan menikmati keindahan alam. Selain itu, summer camp juga dapat membantu anak-anak dan remaja dalam mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, kemandirian, dan kerja sama tim.

Biaya untuk mengikuti kegiatan summer camp cukup beragam. Tergantung dari kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Semua di hitung mulai akomodasi, makan, tempat tinggal, dll. Tapi, itu semua tergantung drai pihak penyelenggara ya guys. 

Jika kamu memiliki minat di suatu bidang, mungkin bisa juga kamu mengikuti summer camp di bidang tertentu. Mungkin biaya yang harus dikeluarkan sedikit lebih tinggi. 

Keseruan Online Summer Camp dengan EIC Education 

Nah Online Summer Camp yang aku ikuti ini dipersembahkan oleh EIC Education yan bekerjasama dengan Beijing Institut Technology. EIC Education sendiri merupakan lembaga konsultasi pendidikan yang didirikan di China dan sudah berpengalaman selama 22 tahun. 

Berpusat di Hongkong dan Guangzhou, saat ini EIC Education sudah memiliki sekitar 55 kantor cabang termasuk di Australia dan Kanada. Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah hampir 3 tahun, namun rencana nya akan dibangun kantor cabang di Jakarta. 

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 3 Juli hingga 14 Juli ini sangat seruuu. Dilaksanakan setiap hari mulai pukul 14.00 WIB sampai Pukul 17.30 WIB kita belajar banyak hal tentang China, kebudayaan nya, kebiasaanya, teknologinya dan lain sebagainya. 


Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui zoom, tidak mengurangi ke-khidmat-an acara ini. Semua teman-teman serius memperhatikan dan mengikuti kegiatan ini. 

Apa saja sih kelebihan mengikuti Online Summer Camp EIC Education ?

1. Acara ini 100% Gratis dan Berkualitas 

Ekspektasiku sih kalau kegiatan gratis pasti yaaa biasanya B aja kan. Ternyata tidak guys. Disini 100% Gratis dan berkualitas. Mulai dari opening ceremony yang disambut dengan orang-orang penting di EIC Education. Host yang energic , pemateri yang berkompeten, dan materi-materi yang sudah disiapkan dengan matang. 

2. Panitia dan Pemateri yang Luar Biasa 

Panitia di Online Summer Camp ini sangat disiplin ya guys. Apalagi perihal absensi yang hanya bisa diisi di akhir kegiatan dan itupun diberi waktu hanya sampe pukul 18.00. Tidak hanya itu, memulai acara hingga mengakhiri acara pun disiplin sesuai jadwal semua. 

Pemateri yang di hadirkan adalah dosen-dosen dari Universitas ternama di China. Pembawaan nya bagus, sesu dan mudah dipahami. Meski aku sebenarnya tidak begitu paham apa yang dibicarakan, tapi dengan penyampaian yang bagus dan energic itulah aku jadi paham. 

3. Bertabur Hadiah 

Sudah gratis, berkualitas, seru, dikasih hadiah juga. Siapa yang tidak mau ?. Sedari awal moderator selalu mengingatkan siapapun yang aktif akan selalu dinilai dan akan diberikan hadiah di akhir acara. 

Alhamdulillah aku jadi 5 orang terpilih lho sebagai peserta yang aktif eheheh. Hadiahnya ? belum tau apa, yang pasti kami disuruh menunggu di rumah karena hadiah akan dikirim ke rumah masing-masing pemenang. Seruuu kannn. 

Wawasan Beasiswa Ke China 



Wawasan beasiswa ini terjadwal di hari terakhir. Dibawakan oleh kak Princia yang sudah pernah mengenyam pendidikan di China mulai S1 hingga S2 melalui beasiswa. Dilanjutkan oleh kak Wisnu yang juga mengenyam pendidikan di China dengan Beasiswa Full. 

Beberapa pertanyaan sempat aku catat meski tidak full ya guys, setidaknya menjadi wawasan kita bersama bagaimana kehidupan mahasiswa disana. 

1. Ragam Beasiswa China

Beasiswa di China ada banyak macamnya ya. Ada yang dari pemerintah, ada yang dari konfusius, ada yang dari kampusnya langsung. Dari mana pun itu, kita harus mempersiapkan diri dan mempersiapkan dokumen-dokumen penting untuk mendukung terpilihnya kita menjadi penerima beasiswa. Apa saja itu ?
  • Paspor
  • Transkip Nilai yang telah diterjemahkan 
  • Rekomendasi Dosen 
  • SKCK 
  • Surat keterangan sehat 
  • Proposal Penelitian
  • Sertifikat HSK 
Jenis beasiswa nya pun juga beragam, ada yang full ada yang parsial. Semua tergantung keputusan penyelenggara beasiswa. Biasanya beasiswa tertulis untuk 10 bulan karena di China 1 semester ada 5 bulan dan 2 bulan libur kuliah. Dapat disimpulkan bisa jadi selama liburan tidak mendapat uang beasiswa. 

2. Sertifikat Bahasa 

Terdapat 2 jalur untuk pengantar. Jika kamu memilih kelas pengantar bahasa Mandarin, maka kamu harus belajar tentang bahasa Mandarin dan keseluruhannya dalam waktu 10 bulan Full mulai pagi - sore. 

Sertifikat HSK sangat perlu dan menunjang terpilihnya kamu menjadi penerima beasiswa. Jika kamu ingin melanjutkan S2 ke China, kamu harus menyiapkan minimal HSK 5 sebagai persyaratan wajib. 

3. Kehidupan Mahasiswa

Jalan kaki akan menjadi kebiasaan jika kamu berkuliah disana. Jika kamu merasa lelah berjalan, kamu bisa menyewa motor listrik yang bisa kamu bayar menggunakan Alipay, atau menaiki kereta listrik yang sudah bisa menjangkau hingga ke desa-desa. 

Makan di kantin kampus lebih terjangkau daripada kamu membeli di luar kampus. Ada beberapa kantin di kampus, ada pula kantin khusus makanan halal. 

Selanjutnya, Jika kamu memiliki baju kotor, kamu bisa pergi ke laundry self service untuk mencuci baju. 

Hidup serba canggih dengan kemajuan teknologi di China. Kerenn pokoknya. 

Ohya sebagai penutup Kak Princia menyampaikan ada program beasiswa yg masih bisa di apply untuk program pengantar bahasa Mandarin 1 tahun di kota Changzhou fasilitas Free tuition + dormitory, keberangkatan September 2023, deadline pendaftaran Agustus 2023. Nah jika kamu berminat untuk mengikuti kegiatan ini, segeraaaa konsultasi persiapan nya di EIC Education yaaa. 


Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment