mamahebat.com

10 Manfaat Madu untuk Ibu Menyusui dan Bayinya

Post a Comment
manfaat madu untuk ibu menyusui



Madu dikenal sebagai makanan alami yang sehat. Selain rasanya yang manis, khasiatnya yang banyak, ternyata madu juga sangat aman lho dikonsumsi oleh ibu menyusui. 

Mengutip dari Very Well Family, Sarah Schooler, seorang konsultan laktasi mengatakan “Aman bagi ibu untuk mengkonsumsi madu, bahkan dalam jumlah banyak saat menyusui. Ibu menyusui yang mengkonsumsi madu tidak akan menimbulkan risiko bagi bayi yang menyusu,” 

Tidak hanya itu, menurut penelitian yang dilakukan di Jepang. Menyimpulkan bahwa madu yang dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat mencukupi kebutuhan gizi bayi. Ketika ibu menyusui mengonsumsi madu, tubuhnya akan mencerna madu tersebut, dan beberapa senyawa dari madu dapat masuk ke dalam ASI.

Madu mengandung berbagai senyawa bioaktif, termasuk senyawa antibakteri dan antiinflamasi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan juga mengalirkan ke dalam ASI. Ketika bayi menyusu, mereka akan menerima antibodi dan faktor kekebalan tubuh lainnya melalui ASI ibu.

10 Manfaat Madu untuk Ibu Menyusui dan Bayinya 

Diatas tersebut adalah salah satu manfaat mengkonsumsi madu untuk ibu menyusui, lebih lengkapnya berikut 10 Manfaat madu untuk ibu menyusui :

1. Sumber energi, madu untuk memperbanyak asi

Pasca persalinan, ibu membutuhkan sumber energi alami yang dapat meningkatkan stamina tubuh dan memperlancar produksi ASI nya. Glukosa dan Fruktosa pada madu sangat berkhasiat untuk memberikan asupan energi alami yang dibutuhkan tubuh ibu. 

2. Mengandung antioksidan 

Selama menyusui, ibu memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan kesehatan diri sendiri dan memberikan nutrisi yang baik melalui ASI untuk bayi. Antioksidan adalah salah satu komponen penting yang dapat mendukung kesehatan ibu menyusui dan kualitas ASI. Nutrisi tersebut dapat ibu peroleh dari madu. Karena madu mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dan perlindungan dari kerusakan sel.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tubuh yang lemas Madu memiliki sifat antibakteri, antiviral, dan antiinflamasi, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu menyusui.

4. Membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan atas 

Madu telah digunakan sebagai pengobatan alami untuk membantu meredakan gejala pilek, batuk, dan sakit tenggorokan pada orang dewasa.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu ibu menyusui mendapatkan istirahat yang cukup.

6. Mengurangi stres

Ibu menyusui sangat rentan terkena babyblues, sehingga ibu menyusui membutuhkan asupan makanan manis yang segar dan alami. Manisnya rasa madu dapat memberikan perasaan relaksasi dan mengurangi stres pada ibu menyusui.

7. Sumber vitamin dan mineral 

Madu mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, dan magnesium.

8. Mengatasi masalah pencernaan 

Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan pada ibu menyusui.

9. Alternatif gula

Sebagai alternatif gula alami, madu dapat digunakan dalam makanan dan minuman tanpa menambahkan gula olahan berlebih.

10. Meningkatkan rasa makanan

Jika ibu pecinta makanan manis, madu adalah alternatif yang pas untuk ibu menyusui. Selain sebagai pengganti gula atau sebagai pemanis alami, madu juga penuh nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui. 

Itulah beberapa manfaat madu untuk ibu menyusui. Nah, sekarang ibu mulai mempersiapkan untuk membeli merk madu untuk ibu menyusui yang pas, asli, dan kaya nutrisi. 

Honeymom ASI Booster, merk madu untuk ibu menyusui 

Sewaktu saya menyusui anak saya yang pertama, saya selalu mengkonsumsi madu honeymom ASI Booster ini. Mengandung ekstrak daun katuk, ekstrak fenugreek, habbatussauda serta sari kurma. Honeymom ASI Booster memiliki rasa yang manis, diolah dengan bahan pilihan, memiliki aroma segar yang khas, serta mengandung banyak khasiat alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu menyusui dan bayi. 

Selain itu, terdapat berbagai varian rasa bagi kamu yang suka mencicipi anek rasa dalam makanan. Ada blueberry, tiramisu, coklat, dan lain sebagainya. Pilih yang kamu suka, dan yang pasti madu honeymom ASI Booster ini salah satu merk madu untuk ibu menyusui yang sangat aman dikonsumsi. 

Saya pun pernah juga merekomendasikan madu ini untuk kakak saya yang saat itu juga sedang menyusui. Beliau sangat terbantu dengan adanya ASI Booster dari honeymom. Yuk ibu, segera beli dan nikmati khasiatnya. 













Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment