mamahebat.com

Hari Blogger Nasional. Ketahui Keuntungan dan Tantangan Blogger di Era Digital

11 comments
27 oktober hari blogger nasional



Hai, selamat hari blogger ya untuk para blogger tangguh di Indonesia. Hari blogger nasional yang diperingati pada tanggal 27 Oktober ini ternyata memiliki sejarah lho moms. berawal dari pesta blogger yang selalu diadakan pada tanggal 27 Oktober, menjadi latar belakang menteri komunikasi dan informatika tahun 2007, bpk. Prof. Dr. Muhammad Nuh, DEA untuk sekaligus menetapkan hari blogger Nasional jatuh pada tanggal 27 Oktober. Pesta Blogger sendiri diadakan untuk mewadahi para blogger nasional untuk saling berbagi ilmu dan bertumbuh bersama.

Banyak yang bilang menjadi blogger mudah tinggal nulis dan posting. Oh tentu tidak semudah itu ya moms. Banyak sekali langkah yang harus di lakukan, dan banyak juga strategi yang harus ditempuh.

Jika dirangkum, mungkin inilah keuntungan dan tantangan yang dihadapi blogger di Era digital seperti saat ini.

Apa saja keuntungan menjadi blogger ?


pekerjaan yang bisa dikerjakan dirumah


  • Ada tempat menyalurkan hobi

Mungkin ada beberapa dari kita yang sangat nyaman dan mudah menyampaikan sesuatu melalui tulisan. Blog adalah salah satu tempat menyalurkan itu semua dengan nyaman dan mudah.

  • Kesempatan Mempunyai Banyak Teman

Keuntungan yang langsung terasa ketika menjadi blogger adalah bertemu banyak teman. Mungkin aku adalah blogger pemula yang takjub bisa memiliki teman dari berbagai daerah bahkan dari berbagai negara sesama blogger.

Tidak hanya sebagai teman sesama blogger, tapi kita sama-sama berkembang menjadi blogger profesional dengan selalu mengembangkan diri dan update berbagai macam ilmu.

  • Mempunyai Branding Digital

Apa bedanya branding digital dengan jejak digital ?. Sebenarnya hampir sama, hanya saja branding digital adalah sesuatu yang kita bangun tentang diri kita, tentang blog kita, tentang siapa kita, dan memberi kesan bagaimana orang mengenal kita.

  • Menjadi sumber penghasilan

Siapa disini yang sering ditanyain orang sekitar ‘gimana sih cara mendapatkan uang melalui blog?’. Dan siapa yang masih bingung cara jawabnya mulai dari mana. Heheheh. Yaa karena meskipun menjadi blogger bisa mendapat uang dari rumah, tapi prosesnya sangat panjang ya moms.

Mulai membangun blog nya, menentukan niche, membranding, konsisten konten, konsisten menulis, konsisten riset, dan masih banyak printilan lainnya hingga mampu menerima job atau mendapat ads. intinya tidak ada yang instan ya moms.

Banyak sekali yang menjadikan ‘sumber penghasilan’ sebagai motivasi awal ngeblog, yang terkadang ketika ternyata tidak sesuai ekspektasi menjadi loyo ngeblog nya.

Memang ngeblog adalah salah satu hobi yang dibayar, tetapi semoga kita bisa menjaga ‘big why’ kita ketika awal ngeblog agar kita bisa konsisten hingga akhir.

Tantangan Menjadi Blogger di Era Digital  


apa saja tantangan seorang blogger



Dari berbagai macam keuntungan menjadi blogger tersebut, tentu tak lepas dari berbagai tantangan yang dihadapi blogger

  • Branding niche

Mungkin ini juga merupakan PR berat bagiku. Ingin sekali memiliki branding niche yang khusus. Tapi aku memilih lifestyle blogger karena yaaa memang sangat gado-gado sekali artikel-artikel ku heheh.

Ingin sekali memiliki branding niche seperti beberapa blogger yang niche nya membedah buku, niche memasak, niche travelling dan lain sebagainya.

  • Konsistensi Menulis

Konsistensi menulis yang kerap kaitannya dengan ‘Big Why’ nya kita masing-masing ketika memulai menjadi blogger. Konsisten menulis karena masih ingin menebar manfaat melalui tulisan. Ada banyak orang yang terbantu setelah membaca tulisan kita.

  • Optimis

Ditengah gempuran pertanyaan ‘emang blogger masih ada?’, ‘Emang bisa produktif dari blog?’, ‘Sekarang sudah zamannya vlog (video blog), ga jaman nge-blog’. Para blogger wajib optimis ya. Blogger masih dibutuhkan dan masih bisa eksis menebar manfaat melalui tulisan.

  • Update Ilmu EYD

Update ilmu EYD yang sempat beralih dari PUEBI. Sebenarnya aku pun juga belum begitu mendalami. tapi sebagai seorang blogger wajib hukumnya karena berkaitan dengan susunan kalimat, susunan kata dan perintilannya yang berpengaruh dengan makna yang bisa dipahami oleh pembaca. Yuk ah belajar lagi.

  • Upgrade Ilmu

Semua blogger pasti sudah tahu. Tantangan blogger zaman sekarang adalah harus selalu upgrade ilmu terutama ilmu yang berkaitan dengan proses penyebaran artikel. Agar artikel kita dapat sampai ke orang yang membutuhkan maka kita harus selalu update, strategi apa yang terbaru cara apa yang ampuh.

Jika momies masih ragu dan bingung mulai dari mana belajar blog dan perintilannya, mulai dari baca artikel di blogspedia saja moms. Banyak sekali ilmu daging yang gratis.

Blogspedia, teman upgrade ilmu blogging


situs belajar blog dari nol


Blog adalah dunia baru bagiku. Disaat tersesat tidak tahu arah aku belajar semuanya dari Blogspedia. dan Alhamdulillah berkesempatan belajar dan berkembang bersama melalui blogspedia batch 3 sampai sekarang menjadi anggota cupuers.

Belajar ngeblog dari Nol sampai dituntun pelan-pelan oleh coach yang berpengalaman dan sering banget menorehkan prestasi. Mulai membuat blog, membuat konten, membaca trafik, dan berbagai macam printilan blog yang semua ilmu keren itu aku dapatkan secara gratis.

sejarah hari blogger nasional



Selamat hari blogger untuk kita. Terimakasih Blogspedia dan Coach Marita. Salam kenal salam hangat dari mamahebat untuk blogger Indonesia. Di hari blogger nasional ini kira-kira apa sih list cita-cita dan harapan teman-teman blogger disini ?. Yuk list di kolom komentar ya.  
Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

11 comments

  1. Diantara sekian banyak tantangan dari ngeblog, memang banyak juga keuntungannya. Setuju sekali dengan semua benefit dari ngeblog, mulai dari bertambah teman sampai bertambah cuan, semuanya mengasyikkan

    ReplyDelete
  2. Selamat Hari Blogger, Kak. Senang bisa punya banyak teman yang cerdasnya luar biasa, dari berbagai pelosok Nusantara sampe dunia.

    ReplyDelete
  3. Blog emang wadah yg tepat bgt untuk menyalurkan hobi. Dari hobi bisa jadi cuan. Sangat mengasyikkan jadi blogger!

    ReplyDelete
  4. Ngeblog emang mudah kalo udah konsisten. Tapi, pas lagi stuck rasanya abot tenan mums. Idenya banyak males eksekusi wkwkwk duhhh g boleh ya. Harus semangat ngeblog terus. Selamat hari blogger momies

    ReplyDelete
  5. Selamat hari blogger juga mba... Setuju banget, ngeblog itu penuh tantangan yg ngga mudah tp juga banyak benefit yg kita dapatkan. Bangga menjadi blogger

    ReplyDelete
  6. Selamat hari blogger nasional mamahebat, yang masih menjadi PR tentu saja konsistensi, bersyukur ada ruang the cupuers seperti Blogspedia untuk selalu update ilmu blogging, hhe.

    ReplyDelete
  7. Selamat hari blogger juga mbak! Kalo aku simpel, cita-cita ku pengen naikin performa blog udah itu aja. Tapi perjuangannya berat juga ya ternyata buat naikin performa ini huhu

    ReplyDelete
  8. Selamat hari bloger Nasional Mama hebat! Senang bisa berkumpul dalam satu wadah komunitas bernama Blogspedia. Mempertemukan banyak bloger hebat dari berbagai latar belakang dan daerah. Hmm masih banyak yang harus digapai, dengan menjadi bloger meski banyak tantangan.. Keuntungan nya juga banyak Kan. So, Jalan terus aja Dan tetap enjoy❤️

    ReplyDelete
  9. Sangat berterima kasih pada Bapak Blogger kita dan tentunya pihak yang juga menetapkan hari blogger nasional sebagai hari spesial. Tanpa jasa mereka mungkin diri ini belum bisa mendapatkan manfaat dari blogger atau bahkan tidak mengenal blogger. Semoga bisa tetap konsisten menulis

    ReplyDelete
  10. selamat hari blogger nasional kak, saya juga jadi jatuh cinta dnegan blog selain meningkatkan skill yang ga ada habisnya juga banyak keuntungan yang diperoleh salah satunya nambah sodara

    ReplyDelete
  11. Ada buanyaaaak banget mba, list keinginna yang aku harapkan..
    Salah satunya semoga bisa terus komitmen tanpa batas waktu bersama blogger yang sudah memberikan aku banyak banget pertemanan, keluarga baru, serta ilmu baru yang mungkin diluar sana gratis, tapi bersama teman2 blogger aku bisa mendapatkannya secara gratis, Masya Allah

    ReplyDelete

Post a Comment