mamahebat.com

Konsistensi Sinar Mas Land Kembangkan Livable City Sebagai Solusi Terbaik Polusi

Post a Comment

Every year, exposure to air pollution is estimated to cause 7 million premature deaths and result in the loss of millions more healthy years of life. In children, this could include reduced lung growth and function, respiratory infections and aggravated asthma. Pernyataan WHO pada September 2021 terkait ambang batas polusi yang ada di sebuah negara.       
                                               
Pernyataan tersebut sekaligus mendukung isu permasalahan akhir-akhir ini terkait Polusi udara di Indonesia khusus nya di langit Jakarta. Hal ini pun sejalan dengan beberapa teman saya yang tinggal dan bekerja di Jakarta dan sekitarnya yang mengeluhkan udara bersih disana hingga teman saya ini akhirnya mengalami ISPA di awal bulan agustus 2023.

Rina dan Tika, Gadis Tangguh yang Harus Menerjang Polusi Setiap Hari

Suara ayam berkokok, menandakan pagi telah tiba. Rina segera bergegas mandi dan bersiap-siap berangkat bekerja. Alih-alih ingin menghirup banyak oksigen ketika berangkat pagi, Rina malah menghirup polusi udara yang pekat sepanjang jalan menuju ke kantornya.

Terus menerus menerjang polusi mulai dari semprotan asap knalpot, hingga asap industri yang menghiasi langit Tangerang pagi itu membuat Rina akhirnya mengalami ISPA di awal bulan Agustus 2023. Gadis tangguh itu akhirnya kalah dari pekatnya polusi udara di Tangerang. Ia diizinkan beristirahat di rumah untuk beberapa hari.

Memang benar, akhir-akhir ini kasus ISPA di Jakarta sudah meningkat hingga 30%. Menurut data, rata-rata akibat menghirup udara yang kurang sehat di Jakarta. Mulai dari orang dewasa hingga anak balita semuanya terkena imbas dari polusi udara ini.

Selain Rina, kenalkan temanku yang bernama Tika. Ia juga tinggal dan bekerja di wilayah Jabodetabek. Setiap hari dengan sepeda motornya, Tika melaju menuju kantornya. Tidak lupa ia selalu mengenakan masker untuk melindungi hidungnya dari kepulan polusi di hadapannya. Namun sesekali Tika juga pengguna KRL juga.

Awalnya ia hanya mengira langit sedang mendung, namun ternyata langit sedang tidak baik-baik saja. Teman-temannya banyak pula yang mengeluhkan sakit di tenggorokan, sesak nafas, mata perih dan lain sebagainya.

Kedua teman saya tersebut sepakat bahwa :
sudah saatnya kita saling memperhatikan lingkungan sekitar terutama udara. Udara bersih bisa kita ciptakan dengan mulai respect dengan pembangunan yang berkelanjutan dengan konsep Livable city. Apalagi kondisi di Jakarta dan sekitarnya sudah semakin menjadi-jadi. Daripada kita fokus dengan inti masalah yang tiada ujung, mending kita mulai dari diri sendiri untuk membuat perubahan, contohnya dengan mengkampanyekan livable city untuk kesejahteraan bersama. Begitulah ungkap Tika dan Rina.

Permasalahan terkait polusi udara ini tidak hanya terjadi di Jakarta saja. Menurut Air Quality Life Index, Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera hampir setiap tahunnya terjadi kebakaran hutan untuk membuka lahan. Hal ini menimbulkan kabut asap tahunan yang juga sama-sama memiliki dampak yang signifikan untuk kesehatan. 




Dampak polusi udara ini tidak hanya merugikan negara Indonesia saja, namun kemungkinan juga merugikan negara tetangga yang berlainan arus angin, alias bisa terjadi polusi udara kiriman.

Mengingat begitu hebatnya dampak polusi udara bagi kehidupan kita, sudah saatnya kita semua bersama-sama mencari solusi terbaik untuk permasalahan polusi udara ini. Salah satunya dengan mengembangkan konsep liveable city .

Livable City, Solusi Udara Bersih di tengah Pekatnya Polusi

Bagaimana bisa konsep livable city bisa menjadi salah satu solusi di tengah polusi ?

Human wellbeing is central to the concept of livability. A livable town, city or region is one in which people are supported to enjoy good physical and mental health, fulfil social relationships, and have a high level of life satisfaction and happiness.

Dalam pernyataannya tersebut, tujuan utama livable city adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan yang memfokuskan keseimbangan antara kesehatan fisik, mental, hubungan sosial, pertumbuhan ekonomi, pendidikan, dan kemudahan mobilitas.
  1. Begitu pentingnya konsep livable city ini di kampanyekan karena :
  2. Mengutamakan pembangunan berkelanjutan
  3. Mengutamakan kesejahteraan masyarakat
  4. Mengutamakan kelestarian lingkungan hidup
  5. Memperhatikan kualitas pendidikan
  6. Mempersiapkan industri yang ramah lingkungan
Livable City, arti dalam bahasa Indonesia adalah kota yang layak huni. Livable / livability biasanya didefinisikan sebagai gambaran kolaborasi yang seimbang antara faktor-faktor pendukung kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Kota sebagai ruang umum yang mengutamakan kesejahteraan masyarakatnya. Mulai dari kenyamanan, kelengkapan kebutuhan hidup, hingga keamanan.

Dalam pernyataannya tersebut, tujuan utama livable city adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan yang memfokuskan keseimbangan antara kesehatan fisik, mental, hubungan sosial, pertumbuhan ekonomi, pendidikan, dan kemudahan mobilitas.

Dalam hal ini sangat selaras dengan tujuan dan prinsip yang diusung oleh perusahaan properti terbesar dan terbaik di Indonesia, Sinar Mas Land. Perusahaan ini dengan khusus menaruh perhatian pada pembangunan properti yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Building for a better future sebuah misi yang benar-benar menggambarkan Sinar Mas Land yang selalu berupaya membangun kawasan yang layak huni dengan kehidupan berkualitas. Pembangunan dan pengelolaan selalu mengedepankan teknologi dan inovasi terkini, berlandaskan kearifan, dan pengalaman, secara berkelanjutan dengan cara memelihara keseimbangan aspek ekonomi, kesejahteraan sosial, dan pastinya kelestarian lingkungan.

Misi tersebut mampu membuat saya sangat optimis bahwa livable city ini salah satu solusi menjemput udara bersih di Indonesia. Hunian yang asri dan nyaman, lahan terbuka hijau akan semakin banyak, transportasi yang memadai, pendidikan yang berkualitas, pengelolaan sampah yang cerdas , penghematan energi dan meminimalisir gas buang dan kemajuan ekonomi akan semakin melesat. Itu adalah hasil akhir dari konsep livable city yang dikembangkan Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City, Raih Penghargaan Nasional hingga Internasional

Sudah tidak diragukan lagi tentang prestasinya baik di kancah nasional maupun internasional. Baru-Sinar Mas Land berhasil meraih 12 penghargaan sekaligus di ajang Golden Property Awards 2023 karena keberhasilannya membangun sebuah kota layak huni yang mengacu pada kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.

Dan di awal bulan Agustus ini telah meraih penghargaan pada ajang ASEAN Energy Awards 2023 dengan karena konsistensi Sinar Mas Land dalam menerapkan Sustainable Development atau pembangunan yang berkelanjutan. Hal tersebut membuktikan bahwa Dunia pun tengah memperhatikan tentang pembangunan yang mengutamakan kesejahteraan masyarakat dan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.


Live, Learn, Work, dan Play adalah prinsip utama dari livable city yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land.

Live yang berarti sarana dan prasarana yang lengkap sesuai kebutuhan masyarakat. Seperti hunian yang asri, pusat perbelanjaan, tempat umum yang nyaman, infrastruktur yang memadai, hingga keamanan yang terjamin.

Learn berarti memenuhi segala kebutuhan tentang pendidikan masyarakat. Semua tingkat pendidikan sudah tersedia dengan baik. Mulai sekolah dasar hingga universitas baik nasional maupun internasional semuanya tersedia dengan kualitas terbaik.

Work memiliki makna menyediakan sarana dan prasarana terkait kebutuhan industri. Misalkan menjadi kawasan pusat perkantoran, membuka lapangan pekerjaan, serta mendukung area komersial lainnya.

Play memiliki maksud menyediakan sarana prasarana untuk mendukung kebutuhan hiburan. seperti menyalurkan hobi, menikmati lahan terbuka hijau, menikmati udara segar di hutan kota, taman bermain, taman rekreasi, pusat oleh-oleh, hingga pusat kuliner.

Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city melalui berbagai macam proyek yang telah turut menorehkan penghargaan. Yuk intip beberapa proyek yang berhasil membuat Sinar Mas Land menyabet penghargaan :

BSD City

Memiliki luas 6000 hektar alias setengah dari kota paris. BSD City sukses menorehkan penghargaan karena konsep livable city yang diusungnya. BSD City telah dikembangkan selama lebih dari 38 tahun. Dan kini, dengan tangan ajaib dari Sinar Mas Land, BSD City menjadi kota mewah, tertata, akses jalan yang baik, pusat perekonomian, serta tetap kekinian alias milenial.

Jika anda ingin mengunjungi BSD City jangan lupa mampir ke QBig. Pusatnya perbelanjaan, rekreasi, taman bermain, dan tempat menyalurkan hobi anda. Sangat cocok untuk menikmatinya bersama keluarga.

BSD City : Big City, Big Opportunity

Grand Wisata Bekasi

Salah satu kota mandiri yang dibangun di kawasan timur kota Jakarta. Mengusung konsep Livable city, Grand wisata bekasi mampu memberikan hunian yang nyaman, infrastruktur yang lengkap dan terintegrasi.

Dekat dengan akses tol antara tol tambun dan tol cikampek membuat aksesibilitas di Grand Wisata Bekasi menjadi lebih mudah dijangkau dan fleksibel.

Tidak hanya itu, hunian yang memiliki luas 1100 hektar ini memiliki lahan terbuka hijau, pusat pendidikan, industri dan beberapa taman bermain dan rekreasi menjadi daya tarik tersendiri untuk memiliki hunian nyaman di kawasan Grand Wisata Bekasi.

Kota Wisata Cibubur

Siapa yang suka hidup di tengah kota namun jauh dari hiruk pikuk perkotaan ? Saya dan mungkin kamu juga suka. Akses menuju kota wisata cibubur ini sangat mudah dijangkau karena dekat dengan tol cibubur maupun bekasi.

Memiliki konsep unik dengan kehidupan lima benua yang digambarkan melalui desain rumah, taman hiburan dan gerbang di setiap cluster. Suasana hening, nyaman namun fasilitas sarana prasarana nya sangat lengkap membuat tinggal di hunian ini menjadi impian setiap orang.

Dari proyek-proyek diatas tidak hanya berfokus pada hunian yang nyaman saja, namun juga industri yang ramah lingkungan. Sehingga masyarakat nyaman, lingkungan pun sehat karena kantor industri yang di kembangkan oleh Sinar Mas Land ini selalu bertajuk lingkungan yang hijau, listrik yang digunakan pun bersumber dari panel surya, pengolahan sampah daur ulang yang baik dan aman.

Kesimpulan


Mengatasi isu polusi sudah menjadi kewajiban semua masyarakat di negara ini. Kita bisa memulai dari mendukung konsep livable city. Menyediakan lahan terbuka hijau, menyediakan akses yang mudah dijangkau, tersedianya transportasi umum yang memadai, pusat pendidikan yang berkualitas, pusat perbelanjaan yang lengkap dan tertata rapi, serta taman bermain, taman rekreasi yang nyaman.

Kesejahteraan masyarakat merupakan point utama dari livable city. Sinar Mas Land telah membuktikan dengan beberapa proyek yang telah dibangunnya. Mendapat penghargaan tingkat nasional hingga internasional membuktikan Sinar Mas Land kembangkan livable city dengan baik.

Mulai dari BSD City, Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Kota Deltamas Cikarang, hingga Grand City Balikpapan. Tidak hanya memperhatikan hunian yang nyaman, namun juga bisa menjadi pusat industri, taman bermain, dan pusat pendidikan terbaik bagi masyarakat.

Sambil memperingati hari udara bersih sedunia yang jatuh pada 7 september nanti, mari kita sama-sama memahami isu polusi dengan mendukung konsep livable city sebagai salah satu solusi terbaik mencapai kota yang layak huni dengan udara yang bersih.


















Mamahebat
Islakhu Lukluil Machnunah. Seorang Mama muda yang baru saja terjun dunia menulis. Ingin menebar manfaat melalui tulisan.

Related Posts

Post a Comment